Pengusaha Akui Irman Gusman Minta Fee Rp300 per Kg Gula Impor

Renatha Swasty    •    Rabu, 30 Nov 2016 01:16 WIB
irman gusman ditangkap
Pengusaha Akui Irman Gusman Minta <i>Fee</i> Rp300 per Kg Gula Impor
Istri Dirut CV Semesta Berjaya, Xaveriandy Sutanto, Memi. MI/ Rommy Pujianto

Metrotvnews.com, Jakarta: Pimpinan CV Semesta Berjaya, Memi mengakui mantan Ketua DPD RI Irman Gusman meminta fee atau uang pelicin Rp300 per kilogram gula yang diimpor oleh CV SB. Permintaan setelah Memi mengadu soal harga gula yang mahal di Sumatera Barat.

Memi mengungkapkan, pada 21 Juli 2016 setelah mendapat persetujuan buat bertemu Irman, dia datang ke rumah dinas Irman. Di sana, kata Memi hal pertama yang dia katakan yakni  melaporkan adanya kekurangan pasokan gula di Sumatera Barat.

"Kedua kami berharap gula bisa merata ke Sumbar, ketiga kami yang biasanya tiap tahun ditugaskan untuk operasi pasar tidak bsa melalukan dengan baik karena gula kami merk operasi pasar sedang di police line," beber Memi saat menjalani pemeriksaan terdakwa di Pengadilan Tipikor, Jakarta Pusat, Selasa (29/11/2016).

Dalam pertemuan, Memi sempat cerita kalau ia sudah mengajukan purchase order untuk mengambil gula impor di Bulog sejumlah 3.000 ton. Namun, sudah lama tidak ada kabar.

Atas penyampaian itu, Irman mengaku bakal membantu. Tak cuma itu, Irman juga meminta fee.

"Pak Irman tanyakan situasi harga pasar, saya sampaikan ada bermacam-macam harga tapi ada harga dari Jakarta tawarkan Rp12.200 per kilogram, Pak Irman katakan kalau Bulog, Rp11.500. per kilogram, dia berminat untuk bisnis itu juga jadi kita bagi dua saja hasilnya katanya," beber Memi.

Memi mengaku, ketika ada permintaan itu, ia berharap Bulog mengirim langsung ke Pelabuhan Sumatera Barat. Dengan begitu, harga bisa lebih murah dan membagi keuntungan.

Hal yang sama juga diutarakan suami Memi, Xaveriandy Sutanto. Dia mengaku, diceritakan oleh istrinya kalau Irman minta uang.

"Yang saya dengar, Pak Irman tanya berapa selisih antar harga gula yang dipasaran dengan Bulog, kalau dipotong biaya-biaya ada kira-kira untung Rp700 dari selisih pak Irman minta Rp300 per kilogram," tambah Xaveriandy.

Diketahui, Memei dan Xaveriandy memberikan uang Rp100 juta buat Irman. Duit diberikan lantaran Irman membantu CV Semesta Berjaya mendapat kuota gula impor.


(SCI)