Ibu Zumi Zola Menangis Usai Diperiksa KPK

Juven Martua Sitompul    •    Rabu, 23 May 2018 17:53 WIB
ott anggota dprd jambi
Ibu Zumi Zola Menangis Usai Diperiksa KPK
Hermina, Ibu Zumi Zola selesai diperiksa KPK - Medcom.id/Juven Martua Sitompul.

Jakarta: Ibu dari eks Gubernur Jambi Zumi Zola, Hermina, selesai diperiksa penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Dia diperiksa sebagai saksi terkait kasus dugaan penerimaan gratifikasi atas sejumlah proyek di lingkungan Pemprov Jambi yang menjerat putranya.

Hermina yang mengenakan baju putih dibalut rompi hitam itu bergeming saat dikonfirmasi sejumlah hal oleh awak media, termasuk soal materi pemeriksaannya. "Maaf ya mas," kata Hermina di Gedung KPK, Jakarta, Rabu, 23 Mei 2018.

Saat dicecar sejumlah pertanyaan oleh wartawan, Hermina terus bungkam. Dia juga terlihat mengusap air matanya.

Juru Bicara KPK, Febri Diansyah mengungkapkan, ada beberapa hal yang dikofirmasi penyidik kepada Hermina. Salah satunya soal kepemilikan sejumlah aset Zumi Zola.

(Baca juga: KPK Cecar Aset Zumi Zola ke Istri)

"Penyidik mendalami pengetahuan saksi terkait kepemilikan aset-aset tersangka dan dugaan penerimaan lainnya," kata Febri dikonfirmasi terpisah.

KPK menetapkan Gubernur Jambi Zumi Zola bersama dengan Plt Kadis PUPR Jambi Arfan sebagai tersangka suap dan gratifikasi atas proyek-proyek di Pemprov Jambi senilai Rp6 miliar. Zumi Zola dan Arfan diduga kuat 'memalak' sejumlah pengusaha dengan dalil izin sejumlah proyek di Pemprov Jambi.

Uang gratifikasi yang diterima dari sejumlah proyek itu pun disiapkan Zumi Zola sebagai 'uang ketok' agar DPRD Jambi memuluskan APBD Jambi tahun anggaran 2018.

Atas perbuatannya, Zumi Zola dan Arfan disangkakan pasal 12 huruf B Undang-undang (UU) Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tipikor sebagaimana telah diubah dengan UU Nomor 20 Tahun 2001 Juncto Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP.
 


(REN)