Pengacara Bisa Bantu Klien Tunda Pemeriksaan

Damar Iradat    •    Jumat, 11 May 2018 21:13 WIB
korupsi e-ktpsetya novanto
Pengacara Bisa Bantu Klien Tunda Pemeriksaan
Koordinator Masyarakat Anti Korupsi Indonesia (MAKI) Boyamin Saiman. MI/Rommy Pujianto.

Jakarta: Koordinator Masyarakat Antikorupsi Indonesia (MAKI) Boyamin Saiman menyebut, hal yang wajar pengacara membantu menunda pemeriksaan kliennya. Sebab, beberapa tersangka merasa grogi saat menjalani pemeriksaan pertamanya.

Hal ini disampaikan Boyamin saat dihadirkan sebagai saksi meringankan untuk terdakwa Fredrich Yunadi. Awalnya, tim penasihat hukum Fredrich bertanya soal kewajiban pengacara untuk membantu kliennya yang tidak ingin memenuhi panggilan pemeriksaan.

"Biasanya tersangka nervous pada pemanggilan pertama. Pasti minta ditunda. Saya begitu dan teman-teman saya yang lain juga begitu," ujar Boyamin di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi Jakarta, Kemayoran, Jakarta Pusat, Jumat, 11 Mei 2018.

Ia menjelaskan, seorang tersangka yang akan menjalani pemeriksaan biasanya merasa panik dan khawatir. Hal itu membuat tersangka terlihat tidak sehat. 

Boyamin melanjutkan, saat menghadapi situasi seperti itu, pengacara biasanya menyarankan agar kliennya meminta surat keterangan sakit kepada dokter. Surat itu kemudian diserahkan kepada penegak hukum.

"Surat itu dijadikan alasan untuk tidak menghadiri pemanggilan oleh penegak hukum," ungkapnya. 

Fredrich Yunadi sebelumnya didakwa bekerja sama dengan dokter Bimanesh Sutarjo untuk menghindarkan Novanto untuk diperiksa dalam perkara dugaan tindak pidana korupsi KTP-el. Ia disebut menyarankan agar Novanto tidak memenuhi panggilan KPK.

Fredrich diduga meminta Bimanesh untuk merekayasa hasil pemeriksaan kesehatan Novanto. Saat itu, Novanto memang tengah diburu oleh KPK lantaran tak juga memenuhi panggilan komisi antirasuah tersebut.

Atas perbuatannya, Fredrich didakwa dengan Pasal 21 UU Nomor 31 Tahun 1999 sebagaimana diubah dengan UU Nomor 20 Tahun 2001 tentang pemberantasan tindak pidana korupsi juncto Pasal 55 ayat (1) KUHP.


(JMS)

Hari Ini, Dokter Bimanesh Hadapi Vonis Hakim

Hari Ini, Dokter Bimanesh Hadapi Vonis Hakim

3 hours Ago

Dokter Bimanesh Sutarjo bakal mendengarkan sidang pembacaan putusan oleh majelis hakim Tindak P…

BERITA LAINNYA