Kasus Century Dinilai tak Serumit Kasus Jessica

Fachri Audhia Hafiez    •    Senin, 16 Apr 2018 16:15 WIB
kasus century
Kasus Century Dinilai tak Serumit Kasus Jessica
Diskusi kasus Century - Medcom.id/Fachri Audhia Hafiez.

Jakarta: Mantan Panitia Khusus (Pansus) Angket Bank Century, Ahmad Yani, menuding Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) tak serius mengusut kasus Century. Padahal, kata dia, kasus Century tidak serumit kasus pidana lain.

"Persoalan Century, penyidikan kasusnya tidak terlalu rumit seperti kasus kopi bersianida Jessica," kata Yani dalam forum diskusi Skandal Bank Century di Hotel Century Park, Jakarta, Senin, 16 April 2018.

Yani mengatakan kasus Century merupakan kejahatan pidana yang melibatkan tindak pidana perbankan, pidana ekonomi, dan pidana umum. Dia bilang Century merupakan kasus yang terang benderang untuk diusut secara tuntas.

"Banyak kasus yang tidak jalan di KPK. Dan Century merupakan kasus yang terang benderang. Namun, tidak selesai selama lima tahun," kata mantan anggota DPR RI periode 2009-2014 itu.

(Baca juga: KPK Diberi Waktu 3 Bulan Tetapkan Boediono Tersangka)

Pada sidang praperadilan yang digelar 9 April 2018, Hakim Pengadilan Negeri Jakarta Selatan mengabulkan gugatan Masyarakat Anti Korupsi Indonesia (MAKI) kepada KPK. Dalam putusannya, hakim meminta KPK menindaklanjuti perkara Bank Century.

Hal yang digugat MAKI adalah sikap KPK yang berlarut-larut menangani kasus Bank Century dan tak kunjung menetapkan tersangka baru setelah Budi Mulya divonis.‎ KPK juga dianggap telah menghentikan penyidikan kasus Century secara tidak sah.

Dalam putusan itu, hakim meminta KPK segera menetapkan mantan Wakil Presiden Boediono, Muliaman D Hadad, dan Raden Pardede sebagai tersangka. 

(Baca juga: KPK Segera Gelar Perkara Kasus Century)





(REN)