Tubagus Hasanuddin Diperiksa KPK

Juven Martua Sitompul    •    Kamis, 05 Jul 2018 10:21 WIB
suap di bakamla
Tubagus Hasanuddin Diperiksa KPK
Eks anggota DPR TB Hasanuddin/ANT/Wahyu Putro

Jakarta: Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memanggil eks anggota DPR Tubagus (TB) Hasanuddin. Dia akan diperiksa sebagai saksi kasus dugaan suap pengurusan anggaran pengadaan satelit monitoring di Badan Keamanan Laut (Bakamla) Tahun Anggaran 2016 yang menjerat Fayakhun Andriadi.

"TB Hasanuddin diperiksa sebagai saksi untuk tersangka Fayakhun," kata juru bicara KPK Febri Diansyah saat dikonfirmasi, Kamis, 5 Juli 2018.

Politikus PDI Perjuangan diduga kuat mengetahui ihwal suap pengurusan satelit monitoring Bakamla.

Baca: Fayakhun Diperiksa sebagai Tersangka

Nama cagub pada Pilgub Jabar 2918 itu sudah berulangkali disebut sebagai salah satu legislator yang kecipratan aliran dana proyek. Sejumlah anggota DPR lain, Eva Sundari, Bertus Merlas, dan Donny Priambodo jugas disebut menikmati uang haram tersebut.

Dugaan keterlibatan dan aliran dana kepada TB Hasanuddin dan anggota DPR lain diungkap langsung Direktur PT Melati Technofo Indonesia (PT MTI) Fahmi Darmawansyah. Ia menjelaskan itu saat dihadirkan sebagai saksi untuk terdakwa mantan pejabat Bakamla Nofel Hasan di Pengadilan Tipikor Jakarta beberapa waktu lalu.

Fahmi mengakui pernah memberikan uang Rp24 miliar atau enam persen dari nilai total proyek satelit monitoring di Bakamla Rp400 miliar kepada Ali Fahmi alias Fahmi Habsyi. Ia disebut sebagai inisiator kasus suap proyek satelit monitoring di Bakamla.

Baca: Staf Ahli Kemhan Diperiksa untuk Tersangka Fayakhun

Uang itu diduga telah disalurkan Ali Fahmi kepada sejumlah anggota DPR untuk meloloskan anggaran proyek Bakamla. Salah satu penerima aliran uang proyek Bakamla yang telah ditetapkan sebagai tersangka ialah anggota Komisi I DPR Fayakhun Andriadi.

Fayakhun diduga menerima fee Rp12 miliar atas kepengurusan anggaran Bakamla senilai Rp1,2 triliun itu. Fayakhun juga diduga menerima uang USD300 ribu dari proyek tersebut.


(OJE)