Gugatan Praperadilan Novanto Gugur

M Sholahadhin Azhar    •    Kamis, 14 Dec 2017 11:49 WIB
korupsi e-ktpsetya novantopraperadilan
Gugatan Praperadilan Novanto Gugur
Terdakwa kasus dugaan korupsi KTP elektronik Setya Novanto (tengah) saat akan mengikuti sidang perdana di gedung Pengadilan Tipikor Jakarta. Foto: MI/Ramdani.

Jakarta: Gugatan praperadilan Ketua nonaktif DPR Setya Novanto dinyatakan gugur. Pasalnya, sidang perkara pokok kasus dugaan korupsi KTP elektronik atau KTP-el yang menjerat Novanto sudah digelar di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Jakarta.

"Menyatakan permohonan praperadilan pemohon gugur. Membebankan biaya praperadilan sebesar nihil kepada pemohon," kata hakim tunggal Kusno di Ruang Utama Prof H Oemar Seno Adji, Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Kamis, 14 Desember 2017.

Putusan itu mengacu pada Pasal 82 ayat 1 huruf (d) KUHAP yang mengatur gugurnya gugatan praperadilan saat dakwaan dibacakan. Hal itu diperkuat dengan Putusan Mahakamah Konstitusi (MK) Nomor 102/PUU-XIII/2015. Dalam amar tersebut, praperadilan dinyatakan gugur ketika sidang perdana terdakwa digelar di pengadilan.

Baca: 250 Personel Polisi Amankan Putusan Praperadilan Novanto

"Demikian putusan ini saya bacakan. Dan terhadap putusan praperadilan ini tidak dimungkinkan lagi melakukan upaya hukum. Dengan demikian sidang saya tutup," imbuh Kusno sambil mengetuk palu.

Sidang gugatan praperadilan Novanto berakhir tepat waktu seperti rencana hakim. Pada hari pertama sidang, Kusno menyatakan bakal memutus gugatan ini pada Kamis, 14 Desember 2017.




(OGI)

KPK Setorkan Rp2,286 Miliar ke Kas Negara

KPK Setorkan Rp2,286 Miliar ke Kas Negara

1 week Ago

Uang berasal dari uang pengganti terpidana kasus korupsi proyek KTP-el Andi Agustinus alias And…

BERITA LAINNYA