PNS Kementerian ESDM Dipanggil KPK

Surya Perkasa    •    Rabu, 26 Apr 2017 13:36 WIB
korupsi di esdm
PNS Kementerian ESDM Dipanggil KPK
Lambang KPK/MI/Rommy Pujianto

Metrotvnews.com, Jakarta: Staf Subbag Kepegawaian Setjen Kementerian ESDM Janih dan PNS bagian Pemeliharaan Erik Zulkarnaen dipanggil Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Lembaga Antirasywah juga memanggil dua saksi dari pihak swasta, Manager Teknik Gedung Plaza Centris PT PP Dirganeka Haryono dan Direktur CV Sinergi Gemilang Teuku Bahagia alias Johan.

Keempatnya dipanggil untuk mendalami peran mantan anak buah Jero Wacik selama menjadi menteri ESDM, Sri Utami (SU). "Ada empat saksi yang kami periksa untuk tersangka SU (Sri Utami), PNS di Kementerian ESDM," ucap Juru Bicara KPK Febri Diansyah saat dikonfirmasi, Rabu 26 April 2017.

Sri Utami menjadi koordinator kegiatan pada satuan kerja di Setjen Kementerian ESDM bersama Sekjen ESDM pada masa jabatan 2006-2013, Wayono Karno. Dia diduga memperkaya diri sendiri dan korporasi yang merugikan keuangan negara. Selain itu, Sri Utami juga diduga mengatur pengadaan dan menerima komisi dari pelaksana pengadaan yang mengakibatkan kerugian negara hingga Rp11 miliar.

Atas perbuatannya, Sri Utami disangka melanggar pasal 2 ayat 1 atau pasal 3 Undang-Undang nomor 31 tahun 1999 sebagaimana diubah dengan Undang-Undang nomor 20 tahun 2001 tentang pemberantasan tindak pidana korupsi juncto pasal 55 ayat 1 ke 1 KUHP.


(OJE)