KPK Lanjutkan Safari ke PPP dan Perindo

Juven Martua Sitompul    •    Kamis, 14 Sep 2017 13:44 WIB
kpk
KPK Lanjutkan Safari ke PPP dan Perindo
Juru bicara KPK Febri Diansyah. Foto: MI/Rommy

Metrotvnews.com, Jakarta: Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) akan kembali menggelar safari pemberantasan korupsi dengan sejumlah partai. Rencananya, lembaga antirasuah akan mengunjungi Partai PPP dan Partai Perindo, Jumat 15 September 2017.
 
"Direncanakan besok Jumat, 15 September 2017, Tim akan mendatangi PPP pukul 09.00 WIB dan Perindo pukul 14.00 WIB," kata Juru Bicara KPK Febri Diansyah di gedung KPK, Jakarta Selatan, Kamis 14 September 2017.
 
Baca:Kerja Sama Parpol-KPK Membangun Sistem Kepartaian Penting

Febri mengatakan kunjungan ini merupakan rangkaian lanjutan dari kajian KPK sejak tahun 2012. Bahkan kegiatan ini telah di sampaikan KPK kepada Presiden Joko Widodo melalui surat yang dikirimkan pada Maret 2017.
 
Dalam surat tercatat beberapa hasil kajian KPK di antaranya, terkait pendanaan, kode etik, rekruitmen dan kaderisasi partai politik. Salah satu poin yang menjadi konsern KPK untuk mencegah tindakan rasuah di sektor politik adalah dukungan peningkatan pendanaan buat parpol.
 
"Tentu juga perlu diikuti dengan pengelolaan yang akuntabel karena uang yang digunakan adalah keuangan negara," ujarnya.

Baca: Dana Parpol Naik, KPK Ingatkan Penguatan Kaderisasi

Di sisi lain, Febri mengungkapkan, pihaknya mengapresiasi keterbukaan parpol atas program pencegahan tersebut. Menurutnya, dalam sistem demokrasi KPK atau parpol memiliki peran penting dalam pemberantasan tindak pidana korupsi.
 
"Sehingga upaya untuk menjaga integritas dan akuntabilitas merupakan hal yang sangat penting," pungkasnya.




(FZN)

Sidang Praperadilan Setnov Digelar 30 November

Sidang Praperadilan Setnov Digelar 30 November

24 minutes Ago

PN Jakarta Selatan mengagendakan sidang perdana gugatan praperadilan Ketua DPR Setya Novanto pa…

BERITA LAINNYA