Polisi Telusuri Laporan Hasil Analisis Rekening Saracen

Arga sumantri    •    Kamis, 14 Sep 2017 15:41 WIB
ujaran kebencian
Polisi Telusuri Laporan Hasil Analisis Rekening Saracen
Kanit 5 Subdit 3 Direktorat Tindak Pidana Siber Bareskrim Polri AKBP Purnomo - MTVN/Arga Sumantri

Metrotvnews.com, Jakarta: Polisi telah mengantongi laporan hasil analisa (LHA) rekening Saracen. Transaksi belasan rekening Saracen telah diserahkan Pusat Pelaporan Analisis dan Transaksi Keuangan (PPATK) ke penyidik.

Kanit 5 Subdit 3 Direktorat Tindak Pidana Siber Bareskrim Polri AKBP Purnomo membenarkan PPATK telah memberikan hasil analisis aliran duit Saracen. Namun, ia belum bisa membeberkan aliran itu, lantaran masih ditelusuri penyidik.

"Masih dipelajari penyidik satu per satu. Masih kita lihat sangkut-pautnya ke mana," kata Purnomo di Kompleks Mabes Polri, Kamis 14 September 2017.

Purnomo mengatakan, polisi tak bisa sembarang mempublikasikan laporan itu. Sebab, tidak semua transaksi di rekening Saracen terkait dengan tindak kejahatan.

"Ini uang ke mana untuk apa, kan tidak semuanya (tersangkut kejahatan). Harus hati-hati penyidiknya," ungkap dia. 

Kabag Penum Divisi Humas Polri Kombes Martinus Sitompul mengatakan, LHA Saracen diterima kepolisian, Rabu 13 September 2017 siang. Martinus tidak membeberkan ke mana saja aliran duit dari 14 rekening yang disita penyidik dari kelompok penyebar ujaran kebencian itu.

Saracen, kelompok penyebar kebencian, menjadi buah bibir setelah Polri menangkap tiga pengurusnya, yakni, MTF, SRN dan Jasriadi. Organisasi ini kerap mendapat pesanan dari pihak tertentu untuk menyerang pemerintah, pejabat, publik, tokoh masyarakat atau suatu kelompok. 

Nama baik perorangan atau institusi dijatuhkan melalui pemberitaan yang berbau penghinaan, sentimen agama, sampai kepada hoaks. Tak hanya itu, jasa Saracen kerap digunakan pemesan dalam perhelatan demokrasi semisal pilkada. 

Pemesan akan meminta Saracen untuk menyerang dan menjatuhkan elektabilitas lawan politiknya. Belum diketahui secara detail siapa saja yang pernah menggunakan jasa Saracen.
 


(REN)

KPK Hormati Putusan Sela Praperadilan Novanto

KPK Hormati Putusan Sela Praperadilan Novanto

3 hours Ago

KPK akan tetap menghadapi proses persidangan selanjutnya yang masuk dalam tahap pembuktian.

BERITA LAINNYA