Polri Bentuk Satgas Amankan Asian Games 2018

Lukman Diah Sari    •    Jumat, 08 Dec 2017 04:33 WIB
asian gamesasian games 2018
Polri Bentuk Satgas Amankan Asian Games 2018
Kadiv Humas Mabes Polri Irjen Setyo Wasisto - MI/Rommy Pujianto.

Jakarta: Polri bakal membentuk satuan tugas (Satgas) khusus untuk mengamankan jalannya Asian Games 2018. Pengamanan khusus bakal dilakukan di tiga daerah yang menghelat Asian Games 2018 yakni Palembang, Jakarta, dan Jawa Barat. 

Kepala Divisi Humas Polri Irjen Setyo Wasisto mengatakan, pengamanan dilakukan untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan. Di antaranya, pencurian, pencopetan sampai kepada ancaman serius yaitu bom.

"Skala besar kaya ancaman bom. Sampai ancaman yang ringan-ringan tapi menjengkelkan kayak copet, ngutil  hehe atau mengganggu lalin dijalan, harusnya lancar tapi ganggu dijalan. Nanti akan diantisipasi," kat Setyo di Mabes Polri, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Kamis 7 Desember 2017. 

Setyo membeberkan, pengamanan Asian Games 2018 dipimpin langsung oleh Asop Kapolri. Menurut dia, semua satuan pengamanan termasuk brimob, kemungkinan akan terlibat. Namun, belum diketahui secara pasti total personil yang akan diturunkan dalam pengamanan pesta olahraga Asia tersebut.

"Jadi ada pengamann di venue, di tempat menginap atlet, pengamanan lalin, pengamanan daerah-daerah yang kemungkinan dikunjungi oleh atlet-atlet, suporter yang terlibat dalam Asian Games," ujarnya.

Di sisi lain, jenderal bintang dua itu mengimbau kepada masyarakat yang menjadi tuan rumah perhelatan Asian Games 2018 untuk bersikap sebagai tuan rumah yang baik. Selain menambah devisa negara, sikap ramah juga hal yang penting untuk menunjukkan kepada negara lain kalau Indonesia negara yang santun.

"Ini hajatan besar, artinya kita welocome lah. Belum tentu 20-30 tahun kedapan kan jadi tuan rumah lagi, Asia kan banyak yang mau jadi tuan rumah. Ini moment penting, momen menunjukan bahwa bangsa kita adalah bangsa yang santun," pungkasnya. 


(MBM)

Asep Iwan: Proses Hukum Terus Berlangsung Meski Setnov Bungkam

Asep Iwan: Proses Hukum Terus Berlangsung Meski Setnov Bungkam

11 minutes Ago

Pakar hukum pidana Asep Iwan Iriawan menerangkan bahwa drama apapun tak akan mengganggu proses …

BERITA LAINNYA