Kalla Sindir Langkah Novanto

Dheri Agriesta    •    Selasa, 14 Nov 2017 16:24 WIB
korupsi e-ktpsetya novanto
Kalla Sindir Langkah Novanto
Wakil Presiden Jusuf Kalla (tengah) menghadiri peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) di Kawasan Bundaran HI Jakarta. Foto: Antara/Wahyu Putro A.

Jakarta: Wakil Presiden Jusuf Kalla menyindir langkah Ketua DPR Setya Novanto yang berupaya menghindari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Dia melihat hal itu sebagai upaya untuk lepas dari hukuman.

"Itu ya namanya usaha, banyak orang berusaha untuk bebas dengan cara macam-macam," kata Kalla di Kantor Wakil Presiden, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Selasa, 14 November 2017.

Novanto sempat melaporkan pimpinan KPK ke Mabes Polri karena memberinya status cegah walau sudah memenangkan praperadilan. Selain itu, dia mengajukan uji materi Undang-Undang Nomor 30 Tahun 2002 tentang KPK. 

Kalla tak mempermasalahkan segala manuver yang dilakukan kubu Setya dalam menghadapi penyidikan Lembaga Antirasuah. Namun, langkah yang diambil harus halal di mata hukum.

Menurut dia, semua orang punya legalitas hukum untuk mengajukan uji materi ke Mahkamah Konstitusi. Hal itu bisa diajukan bila mereka merasa dirugikan oleh undang-undang atau aturan yang berlaku.

"Pertanyaannya kenapa baru nanti, kenapa baru diajukan? Itu pertanyaannya kan," tambah Kalla.

Baca: Langkah Pengacara Novanto tak akan Hentikan Pengusutan Kasus KTP-el

Dia pun enggan mengomentari apakah tindakan yang dilakukan Setya Novanto etis atau tidak. Namun, seorang pimpinan lembaga negara, dia sebaiknya memberi contoh yang baik untuk masyarakat.

"Ya (memberi contoh) tentu sambil jalan. Ya namanya usaha saya bilang tadi," jelas Kalla.





(OGI)