Fayakhun Disebut Minta Rp5 Miliar ke Agus Gumiwang

Damar Iradat    •    Selasa, 02 Oct 2018 19:56 WIB
korupsi e-ktp
Fayakhun Disebut Minta Rp5 Miliar ke Agus Gumiwang
Mantan anggota DPR Fayakhun Andriadi (kanan) menjadi saksi dalam sidang lanjutan kasus korupsi KTP elektronik Irvanto Hendra Pambudi Cahyo di Pengadilan Tipikor, Jakarta, Selasa (2/10). Foto: MI/Pius Erlangga.

Jakarta: Keponakan Setya Novanto, Irvanto Hendra Pambudi Cahyo menyebut mantan anggota Komisi I DPR RI Fayakhun Andriadi pernah menyerahkan uang Rp5 miliar ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Uang itu diduga diminta Fayakhun dari Menteri Sosial (Mensos) Agus Gumiwang.

"Kepada saudara Fayakhun, saya akan tanyakan satu hal. Saya ingin mengulang kejadian di suatu malam di Rutan Guntur yang disaksikan Eka Kamaludin," kata Irvanto di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi Jakarta, Kemayoran, Jakarta Pusat, Selasa, 2 Oktober 2018. 

Saat itu Irvanto dan Fayakhun sama-sama menjadi tahanan KPK. Keduanya saat itu berada di Rutan Guntur, Jakarta Selatan. 

Baca juga: Perburuan Tersangka Kasus KTP-el Berlanjut

Fayakhun kemudian memberi tahu Irvanto bahwa Fayakhun memiliki uang Rp5 miliar yang ada di Agus Gumiwang. Fayakhun meminta Irvanto mengambil uang tersebut dan menyerahkan ke KPK. 

"Saksi bilang ada jatah Rp5 miliar dari Agus Gumiwang nanti pakai nama saya untuk kembalikan ke KPK yang USD500 ribu tersebut," tanya Irvanto. 

Baca juga: Fayakhun hingga Rita Widyasari jadi Saksi Keponakan Novanto

Fayakhun yang dihadirkan sebagai saksi dalam sidang lanjutan korupsi KTP-el membantah tudingan Irvanto. Menurutnya, kejadian tersebut tak pernah ada. 

"Tidak pernah," tegas Fayakhun.


(HUS)

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

1 week Ago

Vonis untuk Irvanto Hendra Pambudi dianggap lebih berat ketimbang vonis pelaku-pelaku utama&nbs…

BERITA LAINNYA