Anak Atut Tutupi Asal-muasal Harta Wawan

Yogi Bayu Aji    •    Senin, 22 Jun 2015 13:13 WIB
tubagus chaeri wardana
Anak Atut Tutupi Asal-muasal Harta Wawan
Andika Hazrumy. Foto: Yogi Bayu Aji/Metrotvnews.com

Metrotvnews.com, Jakarta: Anak bekas Gubernur Banten Ratu Atut Chosiyah, Andika Hazrumy, diperiksa KPK sebagai saksi untuk tersangka Tubagus Chaeri Wardana (Wawan). Dia mengaku tak tahu soal asal-muasal harta pamannya tersebut.

"Ya enggak tahu. Makanya tadi ditanya (asal-muasal harta Wawan) saya enggak tahu," kata Andika usai diperiksa di KPK, Jalan HR Rasuna Said, Jakarta Selatan, Senin (22/6/2015).

Menurut dia, KPK membidiknya dalam dugaan tindak pidana pencucian uang yang dilakukan Wawan. Dia mengaku sudah memberi keterangan sebatas sepengetahuannya.

"Enggak, itu cuma ini saja terkait dengan pertanyaan penyidik. Ya, sebagai keluarga diminta keterangan sebagai saksi untuk Wawan," tekan Anggota DPR fraksi Golkar ini.

Andhika tidak menjelaskan secara detail mengenai pemeriksaan penyidik KPK terhadapnya. Namun, dia membantah memiliki aset yang dananya berasal dari PT Bali Pasific Pragama (BPP) milik Wawan.

KPK tengah mengendus aliran dana Wawan dalam kasus pencucian uang. Selain Andhika, KPK menjadwalkan pemeriksaan terhadap mantan Kepala Dinas Pendidikan Pemerintah Provinsi Banten Hudaya Latuconsina serta F.A Singgih.

Penetapan Wawan sebagai tersangka pencucian uang merupakan pengembangan penyidikan dalam kasus dugaan korupsinya. Dia sebelumnya juga terlibat dalam kasus korupsi pengadaan alat kesehatan di Tangerang Selatan, serta suap sengketa Pilkada di Lebak, Banten di Mahkamah Konstitusi (MK).

Terkait pencucian uang, KPK telah menyita lebih dari 80 unit kendaraan milik Wawan. Mobil Wawan mulai Ferrari dan Lamborghini hingga truk-truk pengaduk semen sudah diberi segel KPK.

Sejumlah artis bahkan diduga ikut menikmati aliran dana dari Wawan. Beberapa yang pernah diperiksa KPK, di antaranya, Jennifer Dunn, Catherine Wilson serta Rebecca.

Wawan disangka melanggar Pasal 3 dan atau Pasal 4 Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2010 tentang Pencegahan dan Pemberantasan Tindak Pidana Pencucian Uang juncto pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP.

Adik dari Ratu Atut itu juga diduga melanggar Pasal 3 ayat (1) dan atau Pasal 6 ayat (1) Undang-Undang Nomor 15 Tahun 2002 sebagaimana telah diubah pada Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2003 tentang Tindak Pidana Pencucian Uang juncto Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP.


(KRI)

KPK Setorkan Rp2,286 Miliar ke Kas Negara

KPK Setorkan Rp2,286 Miliar ke Kas Negara

6 days Ago

Uang berasal dari uang pengganti terpidana kasus korupsi proyek KTP-el Andi Agustinus alias And…

BERITA LAINNYA