Berkas Lengkap, Kasus Ahok Segera Masuk Pengadilan

Lukman Diah Sari    •    Rabu, 30 Nov 2016 10:29 WIB
kasus hukum ahok
Berkas Lengkap, Kasus Ahok Segera Masuk Pengadilan
Jaksa Agung Muda Pidana Umum Noor Rachmad (kiri) menunjukan surat peraturan bersama Polri dan Bawaslu di Mabes Polri, Jakarta, Senin 21 November 2016. Antara Foto/M. Agung Rajasa

Metrotvnews.com, Jakarta: Tim Kejaksaan Agung menyatakan berkas perkara kasus dugaan penistaan agama dengan tersangka Basuki Tjahaja Purnama (BTP) lengkap atau P21. Selanjutnya, polisi menyerahkan barang bukti dan tersangka.

"Hari ini, Kejaksaan Agung, memutuskan, menyatakan bahwa perkara tersangka BTP telah P21," kata Jaksa Agung Muda Pidana Umum Noor Rachmad di gedung Kejaksaan Agung, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Rabu (30/11/2016).

Noor menyatakan, P21 berarti segala administrasi penanganan perkara yang sebelumnya disidik penyidik Badan Reserse dan Kriminal Polri telah memenuhi sarat formil dan materil.

"Secara formal dan materil telah memenuhi syarat untuk dibawa ke pengadilan," ujar Noor.

Klik: Ahok Jadi Tersangka

Dengan demikian, Kejaksaan Agung meminta penyidik Polri segera pelimpahan tahap dua, yakni penyerahan barang bukti dan tersangka.

Tim jaksa sebenarnya memiliki waktu 14 hari kerja untuk meneliti berkas perkara tersebut. Nyatanya penelitian berkas setebal 800an halaman itu bisa kurang dari empat hari kerja, terhitung Jumat 25 November.

"Tim bekerja siang dan malam untuk menuntaskan dan menyelesaikan. Sehingga pada hari ini telah resmi dinyatakan P21 atau lengkap secara formil dan materil," tukas Noor.

 


(TRK)