Mahfud Pertanyakan 'Buku Merah' ke Pimpinan KPK

Juven Martua Sitompul    •    Rabu, 07 Nov 2018 15:56 WIB
Buku Merah KPK
Mahfud Pertanyakan 'Buku Merah' ke Pimpinan KPK
Mantan Ketua MK Mahfud MD. Foto: MI/Rommy Pujianto.

Jakarta: Mahfud MD sempat menyinggung kasus dugaan perusakan barang bukti 'buku merah' saat bertemu pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Mahfud ingin mengetahui detail soal dugaan aliran uang ke Kapolri Jenderal Tito Karnavian, yang saat itu menjabat sebagai Kapolda Metro Jaya.
 
"Kita singgung masalah isu-isu Indonesialeaks, kita tanya saja bagaimana masalahnya dan kita menjadi tahu masalahnya," kata Mahfud di Gedung KPK, Jakarta, Rabu, 7 November 2018.
 
Tak hanya soal pengrusakan 'buku merah', dalam pertemuan itu Mahfud juga sempat menanyakan masalah internal KPK. Namun, dia tak meminta penjelasan detail.
 
"Tapi kan kita tidak boleh ikut campur ke dalam. Kita mendengar masalah ini masalah ini, sedikit-sedikit saja," ujarnya.

Baca: KPK Simpan Salinan Buku Merah

Di hadapan para pimpinan, Mahfud meminta KPK tidak masuk angin dalam mengusut kasus tindak pidana korupsi di Tanah Air. Lembaga Antirasuah juga diharapkan tidak tebang pilih dalam menuntaskan kasus korupsi.
 
"Jadi jangan takut kepada siapapun, pokoknya jalan terus. Menurut hukum saya kira enggak ada masalah," katanya.
 
Beberapa waktu lalu, Polda Metro Jaya telah menyita bukti 'buku merah' dari KPK. Penyitaan dilakukan berdasarkan penetapan Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, pada 23 Oktober 2018.


(FZN)