Kasus TPPU Vaksin Palsu segera ke Meja Hijau

Lukman Diah Sari    •    Jumat, 10 Mar 2017 11:24 WIB
pemalsuan vaksin
Kasus TPPU Vaksin Palsu segera ke Meja Hijau
Ilustrasi--Antara/Jojon

Metrotvnews.com, Jakarta: Sebanyak lima berkas perkara pencucian uang tersangka vaksin palsu telah lengkap atau P21. Pekan depan, tersangka dan barang bukti dilimpahkan untuk diajukan ke pengadilan.

"Rencana minggu depan akan dilakukan penyerahan tersangka dan barang bukti ke Jaksa Penuntut Umum," kata Direktur Tindak Pidana Ekonomi Khusus Bareskrim Polri, Brigadir Jenderal Agung Setya, di Kantor Bareskrim Polri, Gedung KKP, Jakarta Pusat, Jumat 10 Maret 2017.

Dari 24 tersangka, tujuh di antaranya dijerat pasal pencucian uang. Tujuh tersangka yakni Rita Agustina, Hidayat, Syafrizal dan Iin Sulastri, Sutarman, Mirza, Agus Priyanto.

Polri juga menyita satu unit rumah mewah, lima unit mobil, 10 unit sepeda motor, dan dua bidang tanah di Bekasi.

Baca: Alur Vaksin Palsu Sampai ke Konsumen

Juli tahun lalu, masyarakat dikejutkan penemuan vaksin palsu. Dari data Kemenkes, awalnya ditemukan botol bekas dari Rumah Sakit Hermina di Bekasi, Rumah Sakit Betesda di Yogya yang dikumpulkan oleh Sugiyanti. Sementara RS Harapan Bunda di Jakarta Timur pengumpul botol bekas adalah Irna dan Enday.

Dari Irna dan Enday lantas dibuatlah vaksin palsu oleh Agus Priyanto. Kemudian didistibusikan melalui distributor Thamrin.

Keuntungan yang didapat produsen vaksin palsu sekitar Rp25 juta per minggu. Sementara distributor mengantongi untung Rp20 juta per minggu.


(YDH)

Kuasa Hukum Novanto Sebut Dakwaan KPK Bermasalah

Kuasa Hukum Novanto Sebut Dakwaan KPK Bermasalah

1 day Ago

Pengacara terdakwa kasus korupsi KTP-el Setya Novanto, Maqdir Ismail menuding dakwaan milik KPK…

BERITA LAINNYA