Polisi Duga Motif Penembakan 2 Anggota Brimob Masalah Pribadi

Damar Iradat    •    Rabu, 11 Oct 2017 09:42 WIB
bunuh diripenembakanpembunuhan
Polisi Duga Motif Penembakan 2 Anggota Brimob Masalah Pribadi
Kapolda Jawa Tengah Irjen Condro Kirono - MTVN/Damar Iradat

Metrotvnews.com, Jakarta: Polisi terus mendalami motif penembakan yang dilakukan Bripka BT terhadap Brigadir BW dan Brigadir AS di kawasan sumur minyak PT Sarana Gas Trembul, Blora, Jawa Tengah. Bripka BT bunuh diri usai membunuh Brigadir BW dan Brigadir AS. 

"Motifnya sampai pagi tadi, dimungkinkan motif pribadi dari mereka. Saya yakin semua punya persoalan pribadi sehingga melibatkan rekan yang sama-sama dia," kata Kapolda Jawa Tengah Irjen Condro Kirono dalam konfrensi pers di Akademi Kepolisian, Semarang, Jawa Tengah, Rabu, 11 Oktober 2017.

Condro menuturkan, usai kejadian, dia sudah memerintahkan Dirkrimum Polres Blora dengan tim termasuk Kasat Brimob untuk berangkat ke TKP.  Ia juga langsung menginstruksikan Kapolres Blora AKBP Saptono yang tengah mengikuti Apel Kasatwil segera kembali ke Blora. 

Bekas Kakorlantas itu mengungkapkan, dari keterangan saksi, sebelum insiden tak ada cekcok antara ketiganya. Namun, saksi mendengar suara tembakan tiga kali. 

Jenderal bintang dua itu menegaskan, insiden itu murni penembakan dan bukan baku tembak. Sebab, Brigadir BW dan Brigadir AS tidak memegang senjata pada saat kejadian.

(Baca juga: Anggota Brimob Diduga Bunuh Diri Usai Tembak Dua Rekannya)

Ia juga menegaskan, penggunaan senjata api oleh Bripka BT sudah sesuai prosedur. "Prosedur penggunaan senpi sudah cek ke Brimob dan Kabag Psikologi Polda. Mereka juga memegang kartu senpi dan itu sudah melalui tahapan-tahapan tes psikologi," papar dia. 

Bripka BT diduga bunuh diri dengan cara menembakan kepala dengan senjata api. Ia bunuh diri setelah menembak tewas dua rekannya, Brigadir BW dan AS di kawasan sumur minyak PT Sarana Gas Trembul, Blora, Jawa Tengah.

Insiden penembakan itu terjadi pada Selasa, 10 Oktober 2017 sekitar pukul 18.30 WIB. BT melepaskan peluru tajam senapan laras panjang AK 101 ke arah dua rekannya, Brigadir BW dan AS tewas seketika di lokasi. Setelah membunuh dua rekannya, Bripka BT diduga langsung bunuh diri dengan menembakan ke arah kepalanya.
 


(REN)