Novel Baswedan akan Operasi Penanaman Kornea

M Sholahadhin Azhar    •    Rabu, 27 Dec 2017 12:42 WIB
novel baswedan
Novel Baswedan akan Operasi Penanaman Kornea
Ketua Umum PP Pemuda Muhammadiyah, Dahnil Anzar Simanjuntak. Foto: MTVN/M Sholahadhin Azhar.

Jakarta: Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Novel Baswedan akan menjalani operasi penanaman kornea artificial. Operasi mata itu akan dilakukan pada Februari 2018 di Singapura.
 
"Beberapa minggu yang lalu Novel melakukan operasi penanaman selaput mata di sebelah kiri. Perkembangannya positif, dia akan melakukan operasi penanaman kornea artificial pada 1 Februari 2018," kata Ketua Umum PP Pemuda Muhammadiyah, Dahnil Anzar Simanjuntak di Kantor PP Muhammadiyah, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu, 27 Desember 2017.
 
Danhil mengatakan, operasi kornea tergantung perkembangan. Bisa lebih cepat atau lambat dari waktu yang ditentukan. Sebab, pemasangan kornea itu menunggu perkembangan positif dari selaput mata yang baru saja dipasang.
 
Jika pertumbuhan selaput mata lancar, maka operasi kornea bisa dilakukan. "Kalau lancar, Maret 2018 Novel bisa kembali ke Indonesia," kata Dahnil.

Baca: Polri Terima 500 Masukan untuk Ungkap Kasus Novel

Dahnil juga menyampaikan respons Novel terkait kasusnya. Menurutnya, Novel pesimis dengan kinerja polisi yang tak kunjung berhasil menangkap pelaku penyiraman air keras. Namun, Novel tak terlalu fokus pada hal itu dan memilih memprioritaskan penyembuhan mata kirinya.
 
"Yang jelas Novel mengalami kecacatan pada mata. Sayangnya Presiden Jokowi tak memberi upaya maksimal mengungkap kasus ini," ujarnya.
 
Juru Bicara KPK Febri Diansyah berharap polisi dapat menuntaskan kasus ini. Polisi diminta segera mengungkap pelaku penyerangan Novel. Terlebih, sketsa dua wajah pelaku telah dirilis dan disebar.
 
"Terkait dengan pencarian pelaku penyerangan, KPK berharap setelah sketsa disebar oleh Polri, mereka dapat ditemukan dan proses hukum bisa berjalan," kata Febri.




(FZN)