Novanto tak tahu Dipasangkan Infus Anak-anak

Damar Iradat    •    Senin, 12 Mar 2018 11:15 WIB
korupsi e-ktpsetya novanto
Novanto tak tahu Dipasangkan Infus Anak-anak
Terdakwa kasus korupsi pengadaan KTP elektronik Setya Novanto (tengah) menjalani sidang lanjutan di Pengadilan Tipikor, Jakarta. Foto: Antara/Galih Pradipta.

Jakarta: Terdakwa kasus dugaan korupsi KTP berbasis elektronik Setya Novanto mengaku tak mengetahui soal pemasangan infus untuk anak-anak. Alat itu dipasangkan saat dia dirawat di Rumah Sakit Medika Permata Hijau. 

"Saya bangun-bangun sudah ada infusnya. Masa infus anak-anak," kata Novanto sebelum menjalani sidang di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi Jakarta, Kemayoran, Jakarta Pusat, Senin, 12 Maret 2018. 

Mantan orang nomor satu di DPR itu mengaku pemasangan infusnya tak mungkin direkayasa. Ia berdalih pembuluh darahnya kecil sehingga sulit untuk memasang infus yang direkayasa.  

"Jadi kalau sudah diinfus itu benar-benar. Karena pembuluh saya kecil jadi saya ketika sadar sudah ada infus. Kalau enggak saya enggak bisa, obatnya enggak bisa masuk," tuturnya. 

Dalam surat dakwaan, dokter Bimanesh Sutarjo diduga memerintahkan perawat Idriani Astuti untuk pura-pura memasang infus kepada Novanto. Hal ini untuk mengelabui Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) agar tak jadi memeriksa Novanto dalam kasus dugaan korupsi KTP-el. 

Baca: Dokter Bimanesh Mengajukan Diri sebagai Juctice Collaborator

Bimanesh memerintahkan Indri Astuti sekadar menempel infus ke Novanto. Namun, Indri tetap memasang infus menggunakan jarum kecil ukuran 24 yang biasa dipakai untuk anak-anak. 

Selain itu, Bimanesh juga menyampaikan kepada Indri agar luka di kepala Novanto diperban sebagaimana permintaan Novanto. Hal ini agar seolah-olah Novanto mengalami luka parah setelah mengalami kecelakaan.

Setelah Novanto dirawat inap, Fredrich Yunadi, yang saat itu menjadi pengacara Novanto, memberikan keterangan pers di RS Medika Permata Hijau. Dalam keterangannya kepada wartawan, Fredrich seolah-olah tidak mengetahui soal kecelakaan mobil yang dialami kliennya dan baru mendapat informasi dirawat di RS Medika Permata Hijau dari ajudan Novanto, Reza Pahlevi. 




(OGI)

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

1 week Ago

Vonis untuk Irvanto Hendra Pambudi dianggap lebih berat ketimbang vonis pelaku-pelaku utama&nbs…

BERITA LAINNYA