Mantan Auditor BPK Divonis 6 Tahun Penjara

Damar Iradat    •    Kamis, 07 Jun 2018 21:24 WIB
korupsi
Mantan Auditor BPK Divonis 6 Tahun Penjara
Terdakwa Auditor Madya pada Sub Auditorat VII B2 Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Sigit Yugoharto. Foto: MI/Ramdani

Jakarta: Mantan auditor Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Sigit Yugoharto divonis enam tahun penjara. Sigit juga dijatuhi hukuman membayar denda Rp250 juta subsider tiga bulan.

"Menyatakan terdakwa Sigit Yugoharto bersalah melakukan tindak pidana korupsi secara berlanjut sebagaimana dakwaan pertama," kata majelis hakim di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi Jakarta, Kemayoran, Jakarta Pusat, Kamis, 7 Juni 2018.

Hakim mempertimbangkan perbuatan Sigit yang tidak mendukung program pemberantasan korupsi oleh pemerintah. Selain itu pertimbangan meringankan Sigit dinilai bersikap sopan selama persidangan, belum pernah dipidana, dan relatif muda.

Selain itu hakim juga tidak mengabulkan permohonan justice collaborator yang diajukan oleh Sigit. Menurut hakim, Sigit merupakan pelaku utama dalam perkara ini. Sigit juga tidak mengungkap pelaku utama. Sehingga, menurut hakim tidak memenuhi syarat sebagai justice collaborator.

"Maka majelis hakim menolak permohonan terdakwa sebagai justice collaborator," tegas Hakim.

Vonis hakim lebih ringan dari yang dituntut jaksa. Sebelumnya, jaksa menuntut sembilan tahun penjara dan denda Rp500 juta subsider enam bulan.

Sigit sebelumnya didakwa menerima satu unit motor Harley Davidson. Ia juga didakwa menerima fasilitas hiburan malam dari General Manager PT Jasa Marga Cabang Purbanlenyi, Setia Budi.

Sigit dinilai teebukti melanggar Pasal 12 huruf b Undang-undang Nomor 31 tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi sebagaimana telah diubah dengan UU Nomor 20 tahun 2001 Jo Pasal 64 ayat (1) KUHP.


(SCI)

KPK Setorkan Rp2,286 Miliar ke Kas Negara

KPK Setorkan Rp2,286 Miliar ke Kas Negara

1 week Ago

Uang berasal dari uang pengganti terpidana kasus korupsi proyek KTP-el Andi Agustinus alias And…

BERITA LAINNYA