KPK Periksa Kwik Kian Gie Terkait Kasus BLBI

Surya Perkasa    •    Kamis, 20 Apr 2017 20:09 WIB
blbi
KPK Periksa Kwik Kian Gie Terkait Kasus BLBI
Kwik Kian Gie. Foto: Antara/Aprillio Akbar

Metrotvnews.com, Jakarta: Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memangil Kwik Kian Gie. Mantan Menteri Koordinator Perekonomian itu dimintai keterangan terkait kasus Bantuan Likuiditas Bank Indonesia (BLBI).
 
Kedatangan Kwik Kian Gie di luar jadwal pemeriksaan. Saat meninggalkan Gedung KPK, politikus PDI Perjuangan ini beberkan alasannya dipanggil.
 
"Ada kasus yang sedang disidik dan saya dimintai keterangan oleh KPK. Tentu saja ketika saya menjabat sebagai Menko dan pernah ada urusan dengan BLBI dan semua konsekuensinya," kata Kwik di Gedung KPK, Jakarta, Kamis 20 April 2017.
 
Kwik membeberkan pemeriksaan kali ini terkait dengan Bank Dagang Nasional Indonesia (BDNI). Lembaga keuangan milik Sjamsul Nursalim diketahui sebagai salah satu bank yang mendapat BLBI senilai Rp27,4 triliun.
 
"Kasusnya BDNI, antara 2001-2002 sampai 2004," ujarnya.
 
Diketahui pula, surat lunas BLBI itu terbit pada April 2004. Sjamsul Nursalim menyerahkan beberapa aset, di antaranya PT Dipasena yang laku Rp2,3 triliun serta GT Petrochem dan GT Tire yang laku dengan Rp1,83 triliun.
 
Juru Bicara KPK Febri Diansyah belum mendapat informasi pasti kasus yang terkait dengan pemeriksaan ini. "Tadi memang ada pemeriksaan, namun belum dapat informasi lebih lengkap terkait agenda pemeriksaan tersebut, persisnya dalam konteks apa. Nanti akan kita sampaikan lebih lanjut," katanya.
 
Febri mengakui KPK melakukan pemeriksaan buat menggali informasi terkait BLBI dalam beberapa waktu belakangan. Informasi ini berangkat dari beberapa tingkat penyelidikan yang sudah pernah dilakukan.
 


(FZN)

KPK Periksa Istri Novanto Senin Depan

KPK Periksa Istri Novanto Senin Depan

1 hour Ago

Deisti diperiksa sebagai saksi untuk tersangka Dirut PT Quadra Solution, Anang Sugiana Sudiharj…

BERITA LAINNYA