Tim Sinkronisasi Siapkan Sejumlah Langkah Setop Reklamasi

Intan fauzi    •    Kamis, 18 May 2017 02:10 WIB
reklamasi
Tim Sinkronisasi Siapkan Sejumlah Langkah Setop Reklamasi
Anggota tim sinkronisasi Anies-Sandi, Marco Kusumawijaya - MTVN/LB Ciputri Hutabarat

Metrotvnews.com, Jakarta: Tim sinkronisasi yang dibentuk oleh Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta terpilih, Anies Baswedan dan Sandiaga Uno, sedang mempersiapkan sejumlah hal untuk menyetop proyek reklamasi pantai utara Jakarta.

Anggota tim sinkronisasi, Marco Kusumawijaya mengatakan, sejauh ini tim baru membahas hal-hal yang dibutuhkan untuk menghentikan reklamasi. Soal sikap, mereka sudah tidak lagi mau kompromi.

"Kita akan mempersiapkan langkah-langkah kebijakan membatalkan itu," kata Marco di Jalan Timor, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu 17 Mei 2017.

Marco membeberkan, tim sinkronisasi sedang mengkaji apakah dalam menghentikan reklamasi cukup membutuhkan Surat Keputusan (SK) Gubernur atau perlu merevisi Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 52 Tahun 1995 tentang Reklamasi Pantai Utara Jakarta. Meski, Marco menilai Keppres itu sudah jelas memberikan wewenang pada gubernur untuk memberi izin.

"Wewenang izin itu ada di gubernurnya tapi kita biasa kalau ada Keppres saja langsung jalan padahal kan enggak bisa begitu juga," ucap dia.

Kemudian, soal reklamasi juga sepenuhnya belum selesai dibahas di pengadilan. Pemprov DKI Jakarta mengajukan banding terkait putusan Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) yang memenangkan gugatam nelayan terkait izin Pulau F.

"Sekarang masih ada kasus di pengadilan, sejauh apa, kasusnya seperti apa, itu yang harus kita ikuti," ujar Marco.

Selanjutnya, tim sinkronisasi perlu memikirkan matang-matang soal pemanfaatan pulau reklamasi yang sudah dibangun. Dari 17 pulau yang direncanakan, sudah ada empat pulau yang dibuat, yakni pulau C, D, G, dan N.

"Kalau mau dibongkar kan malah menimbulkan masalah baru jadi dimanfaatkan untuk kepentingan umum sebesar-besarnya. Bagaimana kelanjutannya itu nanti, kita kan baru kerja seminggu, masih ada lima bulan," beber Marco.


(REN)

Novanto Jalani Sidang Perdana Hari Ini

Novanto Jalani Sidang Perdana Hari Ini

36 minutes Ago

Agenda sidang perdana ialah pembacaan surat dakwaan oleh jaksa penuntut umum pada KPK.
 

BERITA LAINNYA