Polisi Kembali Tangkap 3 Penyebar Hoaks Bencana

Dian Ihsan Siregar    •    Senin, 08 Oct 2018 18:39 WIB
hoax
Polisi Kembali Tangkap 3 Penyebar Hoaks Bencana
Kadiv Humas Polri Irjen Setyo Wasisto - Medcom.id/Siti Yona Hukmana.

Jakarta: Kepolisian kembali menangkap penyebar berita bohong terkait bencana. Sebanyak tiga orang ditangkap, kini total ada 12 orang menjadi tersangka. 

"Ada tiga lagi. Anggara Setiawan di Barito Kuala, Kalimantan; ada juga seorang pria di Surabaya; dan satu lagi Yunan Anis ditangkap di Gorontalo Utara," kata Kadiv Humas Polri Irjen Setyo Wasisto di Gedung Mabes Polri, Jakarta, Senin, 8 Oktober 2018.

Setyo mengungkapkan Anggara menyebarluaskan video yang seolah-olah erupsi Gunung Soputan. Padahal, video yang disebarkan erupsi gunung di Guatemala.

(Baca juga: Sembilan Penyebar Hoaks Bencana Ditangkap)

"Kemudian ada yang di Surabaya, dia memposting informasi bohong soal Mega Trust. Yunan Anis juga ditangkap soal bencana alam di Gunung Soputan," ungkap dia.

‎Akibat perbuatannya para tersangka diancam Pasal 15 Undang-Undang (UU) Nomor 1 Tahun 1946 tentang hukum pidana. Dengan ancaman maksimal dua tahun penjara. 

"A‎ncaman hukuman hanya dua tahun jadi tidak ditahan.‎ Kalau hanya itu (UU ITE), itu ringan, kita berikan yang terberat dulu," jelas jenderal bintang dua itu. 


 


(REN)

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

1 week Ago

Vonis untuk Irvanto Hendra Pambudi dianggap lebih berat ketimbang vonis pelaku-pelaku utama&nbs…

BERITA LAINNYA