Momentum Perubahan Akpol

Lukman Diah Sari    •    Kamis, 18 May 2017 21:58 WIB
polrikekerasan
Momentum Perubahan Akpol
Ilustrasi kepolisian. Foto: MTVN.

Metrotvnews.com, Jakarta: Kapolri Jenderal Tito Karnavian menekankan agar kasus kematian Muhammad Adam, taruna tingkat 2 di Akademi Kepolisian (Akpol) Semarang, menjadi yang terakhir. Dia ingin ada pembenahan pada tubuh Akpol. 

"Ini momentum untuk mengubah budaya di sana (Akpol Semarang)," kata Tito di Stadion Perguruan Tinggi Ilmu Kepolisian (PTIK), Jalan Tirtayasa, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Kamis 18 Mei 2017. 

Jenderal bintang empat itu mengaku sempat berkunjung ke Akpol Semarang beberapa bulan lalu. Dia sempat menyinggung soal budaya kekerasan pada kunjungannya. 

"Saya sudah tegaskan ke taruna dan pengasuh supaya budaya kekerasan tak boleh terjadi karena lebih banyak mudaratnya, da tak banyak untungnya ini juga. Tak sesuai program promoter," ucap dia.

Baca: Penganiaya Taruna Akpol akan Dipidana

Seperti diketahui, Adam mengembuskan nafas terakhir sekira pukul 02.30 WIB, Kamis pagi. Dia ditemukan tak bernyawa di asramanya dan lekas dilarikan ke Rumah Sakit Bhayangkara Semarang. 

Dari pemeriksaan luar, ada luka lebam di dada dan jari korban. Adam diduga meninggal karena penganiayaan karena ada sejumlah luka di tubuhnya. 

Kepala Divisi Humas Polri Inspektur Jenderal Setyo Wasisto mengatakan, kasus itu sedang ditangani Polda Jawa Tengah. Sebanyak 21 saksi dari taruna sudah diperiksa. Polisi masih menunggu hasil autopsi untuk mengeluarkan kesimpulan.


(OGI)

Novanto Jalani Sidang Perdana Hari Ini

Novanto Jalani Sidang Perdana Hari Ini

35 minutes Ago

Agenda sidang perdana ialah pembacaan surat dakwaan oleh jaksa penuntut umum pada KPK.
 

BERITA LAINNYA