Polri Lakukan Pemetaan Daerah Rawan di Pilkada 2018

Lukman Diah Sari    •    Jumat, 08 Dec 2017 05:37 WIB
pilkada 2018
Polri Lakukan Pemetaan Daerah Rawan di Pilkada 2018
Kepala Divisi Humas Polri Irjen Setyo Wasisto - MTVN/Lukman Diah Sari

Jakarta: Mabes Polri mengaku telah melakukan pemetaan terhadap sejumlah daerah yang dianggap rawan saat pelaksanaan Pilkada serentak 2018. Beberapa daerah semisal Sumatera Utara, Kalimantan Barat, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Sulawesi Selatan, dan Papua akan mendapat pengamanan lebih dari daerah lainnya.

"Kita melihat bahwa pola pengamanannya berbeda. Ada rawan, aman, ada rawan satu kalau enggak salah," kata Kadiv Humas Polri Irjen Setyo Wasisto di Mabes Polri, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Kamis 7 Desember 2017. 

Setyo mengakui, jika pola pengamanan setiap daerah termasuk tempat pemilihan suara (TPS) berbeda. Menurut dia, pengamanan khusus akan dilakukan di daerah-daerah yang pernah terjadi konflik.

"Salah satunya di daerah tersebut pernah terjadi konflik, bagaimana penyelesaian konfliknya, kemudian kita melihat bagaimana di situ pernah ada kejadian-kejadian yang melibatkan parpol, kejadian yang melibatkan calon, itu yang kita lihat salah satunya itu," ujarnya. 

Kendati begitu, jenderal bintang dua ini memastikan kalau pihaknya sudah menyiapkan langkah untuk mengantisipasi terjadinya konflik di daerah-daerah rawan tersebut. Bahkan antisipasi itu telah disiapkan polri sejak Oktober lalu.

"Jumlah total (personel) yang diturunkan 171ribu," pungkas Setyo.


(MBM)

Asep Iwan: Proses Hukum Terus Berlangsung Meski Setnov Bungkam

Asep Iwan: Proses Hukum Terus Berlangsung Meski Setnov Bungkam

11 minutes Ago

Pakar hukum pidana Asep Iwan Iriawan menerangkan bahwa drama apapun tak akan mengganggu proses …

BERITA LAINNYA