Polri Beri Pengamanan Khusus di Pembukaan Asian Games

Ilham wibowo    •    Rabu, 14 Mar 2018 23:45 WIB
asian games 2018
Polri Beri Pengamanan Khusus di Pembukaan Asian Games
Wakapolri Komjen Pol. Syafruddin. Foto: MI/Susanto

Jakarta: Wakapolri Komisaris Jenderal (Pol) Syafruddin memastikan pengamanan khusus bakal diberikan kepada tamu kenegaraan dalam pembukaan Asian Games 2018. Selama pelaksanaan, pengamanan melekat kepada kontingen juga bakal dilakukan. 

"Pengamanan khususnya kepada kontingen dan eksekutif kepala negara yang akan hadir, ini terkait pengaman VIP sebenarnya," ujar Syafruddin di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu, 14 Maret 2018. 

Sebangak 46 delegasi negara dipastikan bakal hadir dalam ajang olah raga terbesar di Asia ini. Polri akan menerjunkan 2.600 personil yang akan disebar dengan skema tiga ring. 

"Mungkin sekitar 10 atau paling tidak 15 kepala negara yang akan hadir di opening ceremony, jadi saya rasa standar pengamanan internasional terhadap VIP dan standar pengamanan terhadap kontingen," ungkap Ketua kontingen atau Chief de Mission (CdM) Indonesia Asian Games 2018 ini. 

Baca: Lima Bulan Jelang Asian Games, Pemerintah Fokus Persiapan Pelatnas

Menurut dia, aspek keamanan telah dipetakan agar memenuhi kriteria standar pelaksanaan gelaran internasional. Segala aspek celah keamanan bakal menjadi perhatian. 

"Menyangkut internasional tentu stabilitas yang lebih diutamakan. Kemudian menjamin terselenggaranya mulai dari kontingen datang, para VIP datang, opening ceremony, pelaksanaan pertandingan sampai closing ceremony sampai kembalinya kontingen, itu tugas keamanan," ucapnya. 

Baca: Kalla Optimistis Raih 16 Emas di Asian Games 2018

Persiapan keamanan juga berlaku untuk ancaman aksi terorisme. Polri bakal memeberikan perhatian khusus terutama di Jakarta dan Palembang seperti dengan mengerahkan personil intelijen. 

"Bukan ada persiapan lagi, tapi memang persiapan khusus, persiapan khusus untuk mengamankan itu," tandasnya. 


(DMR)