Pilkada di Aceh, Papua Barat, dan DKI Dianggap Rawan

Lukman Diah Sari    •    Rabu, 21 Sep 2016 15:12 WIB
pilkada serentak
Pilkada di Aceh, Papua Barat, dan DKI Dianggap Rawan
Anjak Madya Divisi Humas Kombes Rikwanto -- ANT/Yudhi Mahatma

Metrotvnews.com, Jakarta: Polri memberikan perhatian khusus pada sejumlah daerah saat pelaksanaan Pilkada serentak pada 2017. Tiga daerah yang dianggap paling rawan, yaitu Aceh, Papua, dan DKI Jakarta.

"Intelijen kepolisian saat ini masih terus melakukan pemetaan titik kerawanan pelaksanaan Pilkada 2017," kata Anjak Madya Divisi Humas Kombes Rikwanto di Mabes Polri, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Rabu (21/9/2016).

(Baca: Bawaslu Deteksi Tiga Wilayah Rawan Pelanggaran Pilkada)

Rikwanto menjelaskan, wilayah Papua Barat dianggap rawan karena masyarakatnya belum banyak yang paham dan mengerti cara berdemokrasi. Apalagi, sistem kesukuan di Papua Barat masih sangat kuat.

"Butuh tuntunan," kata Rikwanto.

Sementara untuk Aceh dianggap rawan karena bekas wilayah operasi. Diduga, bakal ada pihak yang berusaha mengacaukan Pilkada 2017 di Aceh.

"Untuk Jakarta, (suasana) sudah panas di awal. Mudah-mudahan tidak berlanjut terus," tutur Rikwanto.

Rikwanto berharap, antisipasi dini yang dilakukan Polri dapat meminimalisasi terjadinya kerusuhan. Akan ada 100 ribu personel ditugaskan untuk pengamanan Pilkada serentak 2017 untuk seluruh Indonesia. Dari jumlah itu, 11 ribu petugas gabungan akan disiapkan untuk mengamankan Pilkada DKI.

(Baca: Rawan Konflik, Polri Waspadai Pilkada di 3 Provinsi)


(NIN)

Video /