Jhonny Allen Terbukti Ancam Saksi Kunci Kasus Sutan Bhatoegana

Renatha Swasty    •    Senin, 11 May 2015 23:44 WIB
korupsi di esdm
Jhonny Allen Terbukti Ancam Saksi Kunci Kasus Sutan Bhatoegana
Mantan Ketua Komisi VII DPR Sutan Bhatoegana.--Antara/Yudhi Mahatma

Metrotvnews.com, Jakarta: Mantan sekretaris pribadi Sutan Bhatoegana, Muhammad Iqbal, mengaku pernah diancam Jhonny Allen.

Hal ini terungkap dari Berita Acara Pemeriksaan (BAP) milik Iqbal. Diketahui, Jhonny Allen Marbun, merupakan orang yang mengancam dan meminta Iqbal menghilang.

"Di poin 18, apakah saudara pernah merasakan bahwa ada ancaman dari seseorang atau pihak lain terkait dengan kejadian yang saudara ketahui dan alami sendiri pada tanggal 27 dan 28 mei 2013 jelaskan? Anda menjawab 'saya pernah didatangi oleh Jhonny Allen Marbun anggota DPR RI'," kata kuasa hukum Sutan, dalam sidang lanjutan di Pengadilan Tipikor, Jakarta, Senin (11/5/2015).

Iqbal, lanjut kuasa hukum itu, diminta menghilang sehingga sulit dicari penyidik KPK. Kejadian ini berlangsung dalam perjalanan dari Jakarta menuju bandara Kualanamu, Medan, pada Januari lalu.

Di perjalanan, Jhonny yang juga anggota Komisi VII dari fraksi Demokrat mengancam Iqbal supaya menghilang sementara.

"Jhonny Allen Marbun mengatakan kepada saya supaya saya menghilang dari peredaran atau menghilang sementara waktu," kata Iqbal.

Tak hanya itu, karena dianggap sebagai saksi kunci, Iqbal juga diminta supaya membuang telepon genggam yang selama ini dipakai untuk berkomunikasi.

"Bagaimana anda bisa menempatkan diri sebagai saksi kunci?" tanya penasehat hukum. "Itu Pak Jhonny yang bilang," jawab Iqbal.

Sebagai seorang staf pribadi, Iqbal diketahui dekat dan mengikuti setiap kegiatan Sutan. Dalam dakwaan disebutkan uang suap dari mantan Sekretaris Jenderal ESDM Waryono Karno diberikan lewat Iqbal.

Sutan terjerat kasus suap dari Sekretaris Jenderal Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral, Waryono Karno. Sutan terbukti menerima 140 ribu dollar Amerika dari Waryono.
 


(UWA)

Kasus KTP-El, Anggota DPR Markus Nari Ditahan KPK

Kasus KTP-El, Anggota DPR Markus Nari Ditahan KPK

2 weeks Ago

Jakarta: KPK menahan anggota DPR dari Fraksi Golkar Markus Nari, Senin, 1 April 2019. Markus me…

BERITA LAINNYA