Ahok Pertanyakan Lamanya Proses Uji Materi UU Pilkada di MK

LB Ciputri Hutabarat    •    Selasa, 29 Nov 2016 06:01 WIB
uu pilkada
Ahok Pertanyakan Lamanya Proses Uji Materi UU Pilkada di MK
Ilustrasi pilkada. MTVN

Metrotvnews.com, Jakarta: Calon Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok mempertanyakan proses hukum uji materi yang kini sedang berjalan di Mahkamah Konstitusi (MK). Dia meminta agar proses tersebut dipercepat.

"Saya berharap MK bisa cepat putuskan. Kenapa kali ini, kok lama sekali putusannya," kata Ahok di DPP Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Jalan Wahid Hasyim, Senin (28/11/2016).

Uji materi yang diajukan Ahok adalah Undang-Undang Nomor 1 tahun 2015 Pasal 70 ayat 3 tentang Pilkada. Ahok mempertanyakan soal cuti tiga bulan yang diharuskan untuk diambil para calon gubernur.

Ahok bilang cuti berdampak panjang sampai kepada terganggunya penyusunan anggaran, salah satunya soal pengesahan dan administrasi. Ahok kebingungan juga soal pertanggungjawaban APBD DKI saat ia kembali menjadi gubernur defenitif.

"Itu makanya saya bawa dan ajukan semuanya ke MK. Saya enggak mau debat lah. Mungkin media bisa tanyakan ke MK kenapa begitu lama proses ini? Kita harus buktikan," tegas Ahok.

Terakhir perkembangan uji materi Ahok sudah sampai pada tahap mendengarkan para saksi ahli. Saksi ahli dari pihak terkait dan saksi ahli pihak yang mengajukan pun sudah menyampaikan pendapat di sidang MK.


(OGI)