Polri Jadwal Ulang Pemeriksaan Bahar bin Smith

Lukman Diah Sari    •    Selasa, 04 Dec 2018 07:00 WIB
ujaran kebencian
Polri Jadwal Ulang Pemeriksaan Bahar bin Smith
Bahar bin Smith (tengah berkacamata) di Monumen Nasional, Minggu, 2 Desember 2018. Medcom.id/Marcheilla Ariesta.

Jakarta: Bahar bin Smith batal menjalani pemeriksaan yang dijadwalkan pada Senin, 3 Desember 2018. Pemeriksaan Bahar dijadwalkan ulang pada Kamis, 6 Desember 2018.

"Terkait panggilan Bareskrim melakukan panggilan kembali dan sudah dilayangkan dan yang terima adik beliau, untuk datang ke Bareskrim hari Kamis ini," ujar Kabagpenum Divisi Humas Polri Kombes Syahar Diantono di Mabes Polri, Jakarta, Senin, 3 Desember 2018.

Baca: Habib Bahar bin Smith Batal Diperiksa

Syahar mengatakan panggilan baru dibuat karena Bahar Smith tak berada di alamat surat sebelumnya. Syahar menegaskan bahar masih diperiksa sebagai saksi.

Pemeriksaan Bahar pun dilakukan setelah Polri memeriksa belasan saksi. "Semua sudah dilakukan sesuai prosedur. Sudah ada aturan KUHAP yang mengatur sesuai penyidikannya," jelasnya.

Mabes Polri dan Polda Sumatera Selatan telah memeriksa 11 saksi terkait kasus Bahar Smith. Sebanyak 11 saksi itu menyaksikan langsung ceramah Bahar Smith yang diduga menghina Presiden Joko Widodo.

Baca: Pilihan Habib Bahar Enggan Meminta Maaf Disesalkan

Syahar mengatakan video ceramah itu merupakan rekaman dari peringatan maulid di Palembang pada 8 Januari 2018. Selain 11 saksi, Polri juga telah memeriksa empat saksi ahli dalam kasus ini. Empat saksi ahli itu terdiri dari ahli pidana, laboratorium forensik, dan ujaran kebencian.

"Dari pemeriksaan itu sudah bisa dibuktikan bahwa video yqng beredar itu memang benar merupakan rekaman pelaksanaan ceramah dari HBS pada 8 Januari 2017, peringtan maulid di Palembang," pungkas Syahar.






(DRI)

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

1 week Ago

Vonis untuk Irvanto Hendra Pambudi dianggap lebih berat ketimbang vonis pelaku-pelaku utama&nbs…

BERITA LAINNYA