Gedung Bareskrim 17 Lantai Bakal Kelar 2018

Lukman Diah Sari    •    Kamis, 20 Apr 2017 15:50 WIB
polri
Gedung Bareskrim 17 Lantai Bakal Kelar 2018
Maket gedung baru Bareskrim. Foto-foto: Metrotvnews.com/Lukman

Metrotvnews.com, Jakarta: Kepolisian RI mulai membangun gedung baru Badan Reserse Kriminal (Bareskrim) di Jalan Trunojoyo, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Pembangunan ditandai dengan peletakan batu pertama oleh Kapolri Jenderal Tito Karnavian, Kamis 20 April 2017. 

"Gedung ini saya kira sangat tepat dan sangat berguna karena gedung lama sudah tak layak lagi," kata Tito, di lokasi pembangunan gedung Bareskrim Polri. 

Gedung yang kelak memiliki 17 lantai itu ditargetkan rampung pada 2018. "Insyaallah bisa selesai 2018. Ini akan menjadi gedung kebanggan bagi Polri," ucap Tito. 

Ide awal pembangunan gedung Bareskrim datang dari Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) Komisaris Jenderal Budi Waseso. Budi saat itu masih menjabat kepala Bareskrim. 

"Saya paham persis karena waktu itu saya sebagai Asrena (Asisten Perencanaan) dan beliau yang gigih sekali memperjuangkan," kata dia.
Tito mengatakan Budi berhasil meyakinkan Presiden Joko Widodo yang saat itu menyatakan moratorium pembangunan kantor. Alih-alih membangun, Presiden meminta jajarannya memanfaatkan gedung lama.

"Namun, di sinilah kecanggihan Budi Waseso. Dia mampu menembus semuanya dengan alasan layanan publik. Dan memang betul, Bareskrim memang ingin memaksimalkan layanan publik. Semua alasan itu diterima baik oleh Bapak Presiden, Menteri Bappenas, dan Menteri Keuangan. Termasuk dari DPR. Semua ditembus oleh beliau (Buwas)," kata mantan Kapolda Metro Jaya itu.



Tito menyebut, gedung Bareskrim memang telah kusam dan tak terawat. Bahkan memprihatinkan. Menurutnya, hanya ruangan Kabareskrim dan Wakabareskrim yang masih bagus. 

Pembangunan gedung menghabiskan anggaran Rp647 miliar. Pembiayaannya dilakukan multiyears. Terdiri dari anggaran 2016 senilai Rp?11,7 miliar, tahun anggaran 2017 senilai Rp?286 miliar, dan tahun anggaran 2018 senilai Rp?348 miliar.

Diminta bersabar

Tito berpesan kepada para perwira di Bareskrim yang kini bekerja menumpang di Gedung Kementerian Kelautan dan Perikanan, Gambir, Jakarta Pusat, agar bersabar. 

"Untuk Pak Kabareskrim dan teman-teman di Bareskrim, sabar-sabar dulu. Impit-impitan di gedung KKP, bahkan Tipikornya ada di tempat lain. Sabar. Sabar," katanya. 

Dia juga berpesan kepada kontraktor dan konsultan yang telah ditunjuk agar bisa membangun gedung dengan baik. Dia memastikan pembangunan gedung bakal diawasi Irwasum Polri. 

"Teman-teman Wika (kontraktor) tolong dieksekusi dengan baik, supaya nanti tak jadi temuan BPK (Badan Pemeriksa Keuangan). Jangan sampai, begitu kita pakai sebentar, ada pecah dan retak. Tolong betul-betul sesuai dengan spek," ujarnya.




(UWA)

KPK Periksa Istri Novanto Senin Depan

KPK Periksa Istri Novanto Senin Depan

1 hour Ago

Deisti diperiksa sebagai saksi untuk tersangka Dirut PT Quadra Solution, Anang Sugiana Sudiharj…

BERITA LAINNYA