DPR Respons Cepat Perppu Ormas

Anggi Tondi Martaon    •    Senin, 17 Jul 2017 11:43 WIB
berita dpr
DPR Respons Cepat Perppu Ormas
Wakil Ketua DPR Agus Hermanto (Foto: MI/Susanto)

Metrotvnews.com, Jakarta: Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-undang (Perppu) nomor 2 tahun 2017 Organisasi Masyarakat (Ormas) sudah dikirim pemerintah ke DPR RI. Lembaga legislatif itu langsung merespon aturan yang akan digunakan sebagai pengganti Undang Undang (UU) Nomor 17 Tahun 2013 tentang organisasi kemasyarakatan.

Wakil Ketua DPR RI Agus Hermanto mengatakan, rencananya pimpinan DPR RI akan menggelar rapat pimpinan (Rapim) untuk melanjutkan proses pembahasan Perppu Ormas. "Untuk dibacakan Perppu itu dalam sidang Paripurna. Setelah dibacakan dalam sidang paripurna, perppu itu resmi masuk ke DPR dan DPR memproses sesuai dengan peraturan perundang-undangan yaitu tentunya dengan waktu masa sidang berikutnya," kata Agus di lobi Nusantara III Kompleks Parlemen, Jalan Gatot Subroto, Jakarta, Senin 17 Juli 3017.

Ketika ditanya waktu rapat Paripurna keberapa Perppu akan dibacakan, Agus belum bisa memastikannya. Hal itu tergantung keputusan rapat Badan Musyawarah (Bamus) DPR RI.

"Ada kemungkinan sore dilaksanakan Bamus, barangkali bisa saja besok atau dalam rapat Paripurna berikutnya. Kalau toh tidak sempat dilaksanakan Bamus, berarti rapat paripuna berikutnya," ungkap dia.

Lebih jauh, Politikus Demokrat itu menyampaikan, sesuai aturan berlaku, pembahasan Perppu di DPR RI hanya selama satu kali masa sidang. DPR RI, kata Agus, akan mengkaji lebih mendalam regulasi yang dibuat oleh pemerintah sebagai landasan untuk membubarkan kelompok masyarakat yang bertentangan dengan Pancasila.

"Apabila diterima langsung menjadi Undang Undang, kalau ditolak maka kembali ke undang undang yang lama," tandas dia.


(ROS)

KPK Ambil <i>Medical Record</i> Setya Novanto

KPK Ambil Medical Record Setya Novanto

11 hours Ago

Salah satu staf pimpinan DPR yang kerap mengurus keperluan Novanto mengaku, rombongan KPK berku…

BERITA LAINNYA