Teroris Majalengka Diduga Bakal Dompleng Aksi 212

Lukman Diah Sari    •    Senin, 28 Nov 2016 14:14 WIB
terorisme
Teroris Majalengka Diduga Bakal Dompleng Aksi 212
Barang bukti yang disitia dari RPW/ANT/Reno Esnir

Metrotvnews.com, Jakarta: Polisi mengendus niatan teroris mendompleng aksi Bela Islam Jilid III yang bakal digelar Jumat 2 Desember. Kabag Penum Humas Polri Kombes Martinus Sitompul menyebut dugaan itu muncul pascapenangkapan RPW di Majalengka, Jawa Barat.

"Mereka akan manfaatkan momentum Desember," kata Martinus di Mabes Polri, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Senin (28/11/2016).

Rencana kehadiran massa dalam jumlah besar dinilai efektif memuluskan niat RPW dan rekan-rekannya. Apalagi, banyak kegiatan kemasyarakatan, keagamaan, serta kegiatan lain yang dianggap patut diserang.

"Yang akan diserang adalah Mabes Polri, satu kedutaan besar, dua stasiun tv, dan DPR," ucap dia.

Baca: Bahan Peledak Teroris Majalengka Lebih Dahsyat dari Bom Bali

RPW dicokok pada 23 November. Saat penangkapan, polisi menyita sejumlah barang bukti diduga bahan dasar pembuatan bom. Beberapa di antaranya asam nitrat, asam sulfat, air raksa, dan pupuk urea.

Terduga ditangkap di Desa Girimulya, RT 003, RW005, Kecamatan Banjaran, Kabupaten Majalengka. Pria kelahiran tahun 1992 itu diketahui beralamat di Blok Situsari, RT 003 RW 005 Desa/Kelurahan Girimulya, Kecamatan Banjaran.

RPW terancam dikenakan Pasal UU Terorisme yaitu melakukan pemufakatan jahat dengan melawan hukum membuat, menyimpan dan menguasai bahan peledak dengan maksud akan digunakan untuk tindak pidana terorisme. Sementara rekan-rekannya ditangkap di wilayah berbeda.


(OJE)