Regu Tembak Eksekusi Mati Jilid III Siap 100 Persen

Lukman Diah Sari    •    Senin, 25 Jul 2016 14:54 WIB
eksekusi mati
Regu Tembak Eksekusi Mati Jilid III Siap 100 Persen
Hanya polisi dan petugas yang diperbolehkan menyeberang ke Pulau Nusakambangan -- AFP/Bayu Nur

Metrotvnews.com, Jakarta: Eksekusi mati jilid III segera dilakukan. Meskipun waktunya masih dirahasiakan, tim regu tembak dari Polri menyatakan kesiapannya.

"100 persen telah siap melaksanakan eksekusi mati sebagai tim regu tembak yang membantu eksekutor," kata Kadiv Humas Polri Irjen Boy Rafli Amar di Mabes Polri, Senin (25/7/2016).

Menurut Boy, pihaknya tinggal menunggu jadwal dan lokasi pelaksanaan eksekusi mati. "Ketika diumumkan (waktunya), kami siap laksanakan. Tempat dimana saja. Kalau Jaksa Agung sudah umumkan, kami akan sesuaikan," bebernya.

Sebanyak 24 penembak bakal membantu proses eksekusi mati tahap III. Selai menyiapkan regu tembak, polisi juga menyiapkan pengawalan bagi tahanan yang akan dieksekusi.

"Semua pelaksanaan eksekusi mati, seperti pengawalan tahanan dan regu tembak, kami sudah siap. Tapi kalau dari mana dibawa ke mana, tentu itu dari pihak kejaksaan sebagai eksekutor yang bisa menjelaskan," tukasnya.


Salah satu kompleks Lapas di Pulau Nusakambangan, Cilacap, Jawa Tengah -- MI/Liliek Dharmawan

Sementara itu, kunjungan keluarga narapidana ke seluruh lembaga pemasyarakatan (lapas) di Pulau Nusakambangan, Cilacap, Jawa Tengah, dihentikan sementara. Petugas tak memberi penjelasan alasan penutupan ini.

Pantauan Metro TV, hanya petugas lapas yang diijinkan menyeberang ke Nusakambangan. Bahkan, sejumlah polisi dari Polres Cilacap telah disiagakan.

Sejak pemindahan terpidana mati perempuan Merry Utami dari Lapas wanita Tangerang ke Lapas Besi Nusakambangan pada 24 Juli 2016, pengamanan memang lebih ketat dari hari biasanya. Termasuk larangan bagi pengunjung umum yang biasanya boleh membesuk.

Berdasarkan catatan, penghentian atau penutupan kunjungan keluarga narapidana ke lapas di Pulau Nusakambangan selalu dilakukan menjelang pelaksanaan eksekusi terpidana mati. Perlakuan ini sama seperti saat eksekusi mati tahap pertama dan kedua.

Meski begitu, Kejaksaan Agung belum merilis daftar terpidana mati yang bakal dieksekusi. Pekan lalu, Jaksa Agung M Prasetyo menyebut eksekusi hanya tinggal menunggu waktu saja.


(NIN)

KPK akan Pelajari Laporan Harta Kekayaan Novanto

KPK akan Pelajari Laporan Harta Kekayaan Novanto

4 hours Ago

Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) milik Setya Novanto menjadi pintu masuk Kom…

BERITA LAINNYA