Polisi Lalu Lintas Koleksi Pungli Terbanyak

Renatha Swasty    •    Selasa, 18 Oct 2016 19:16 WIB
pungli
Polisi Lalu Lintas Koleksi Pungli Terbanyak
Bayangan calo bertransaksi memegang surat tilang.MI/Ramdani

Metrotvnews.com, Jakarta: Mabes Polri mencatat tindak pungli yang dilakukan oknum kepolisian selama 17 Juli hingga 17 Oktober 2016. Tercatat ada 235 kasus soal pungli dengan 160 kasus di bagian lalu lintas.

"Ada 235 kasus yang kita tangani terkait dengan pungli yang dilakukan oleh personel polri. Itu ada di seluruh Indonesia dan fungsi yang paling banyak adalah di fungsi lalu lintas ada sebanyak 160 kasus," beber Kepala Bagian Penerangan Umum Mabes Polri, Kombes Martinus Sitompul di Mabes Polri, Jalan Trunojoyo, Jakarta Selatan, Selasa (18/10/2016).

Adapun pungli di lalu lintas berupa pembuatan SIM, penindakan tilang di jalan dan pembuatan BPKB juga STNK. Selanjutnya, pungli pada fungsi reskrim 26 kasus. Di sini biasanya penyidik disogok duit untuk kongkalikong satu kasus.

Kemudian pungli pada Baharkam, 39 kasus dan pungli pada fungsi intel 10 kasus. Martinus menyebut, Barhakam dan Intel satu kesatuan. Misal dalam memberikan izin satu acara, Barhakam perlu mendapat rekomendasi dari bagian intelijen.

"Fungsi intel terkait dengan beberapa perizinan yang diberikan oleh satuan fungsi intelijen terhadap kegiatan masyarakat," beber Martinus.

Adapun terkait pungli itu, paling banyak ditemukan di Polda Metro Jaya 33 kasus, Jawa Barat 19 kasus, Sumatera Utara 19 kasus, Jawa Tengah 14 kasus dan Lampung 13 kasus. Sementara sisanya tersebar di sejumlah daerah.

Terkait pungli itu, Martinus menyebut Propam masing-masing Polda sudah melakukan penindakan sesuai dengan aturan hukum yang berlaku. Yakni ketentuan pidana, ketentuan disiplin dan pelanggaran kode etik.

"Dari 235 kasus ini, itu semua dilakukan dengan tertangkap tangan dan kita identifikasikan jadi pelanggaran disiplin ada 140 kasus, kode etik 83 kasus, dan pidana ada 12 kasus," pungkas Martinus.



(LDS)