Calo SIM di Satpas Daan Mogot Dibekuk

Deny Irwanto    •    Rabu, 30 Nov 2016 12:45 WIB
sim
Calo SIM di Satpas Daan Mogot Dibekuk
Ilustrasi

Metrotvnews.com, Jakarta: DDP, calo surat ijin mengemudi (SIM) di Satuan Penyelenggara Administrasi (Satpas) Daan Mogot, Jakarta Barat, ditangkap. Pria 34 tahun itu dibekuk berkat laporan dari salah satu korbannya.

Kepada polisi, korban membeberkan ciri-ciri DDP. "Sekitar pukul 09.00 WIB, anggota timsus (Aiptu Rafii) yang memantau di lingkungan kantor Satpas Polda Metro Jaya. Tiba-tiba, ia melihat orang yang wajah dan ciri-cirinya mirip pelaku," kata Kasi SIM Subdit Regident Ditlantas Polda Metro Jaya Kompol Doni Hermawan, Rabu (30/11/2016).

DDP yang sedang berkeliaran mencari mangsa di area Satpas SIM Daan Mogot terus diikuti. Ia dibekuk saat mencoba menawarkan jasa kepada calon pembuat SIM, pada 29 November.

Pelaku menawarkan pengurusan SIM C sebesar Rp800 ribu dan SIM A Rp1,5 juta. Padahal, biaya resmi pembuatan SIM C hanya Rp75 ribu dan SIM A Rp100 ribu.

Pelaku kemudian diamankan anggota dan diinterogasi. Hasil interogasi, pelaku ternyata sudah sering melakukan perbuatannya.

"Sejauh ini sudah ada lima korban DDP, di antaranya Yuswan, 62; Rustanto, 26; Wiwit Yusnia Trisnawati, 28; Patar Napitupulu, 42; dan Rian Santoso, 21," ujar Doni.

Selanjutnya, pelaku dan barang bukti diserahkan ke Polsek Cengkareng, Jakarta Barat. Dari pelaku, polisi mengamankan sejumlah uang.


(NIN)