Penahanan Al Khaththath Diperpanjang

Nicky Widadio    •    Kamis, 20 Apr 2017 20:46 WIB
kasus makar
Penahanan Al Khaththath Diperpanjang
Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Raden Prabowo Argo Yuwono--MI/ROMMY PUJIANTO

Metrotvnews.com, Jakarta: Masa penahanan tersangka kasus dugaan permufakatan jahat Muhammad Gatot Saptono alias Muhammad al Khaththath telah diperpanjang. Polda Metro Jaya memperpanjang penahanan hingga 40 hari.

"Sudah kita perpanjang masa penahanannya sejak tanggal 18 April 2017," kata Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya Komisaris Besar Raden Prabowo Argo Yuwono di Mapolda Metro Jaya, Kamis 201 April 2017.

Argo enggan menyebutkan alasan khusus penyidik memperpanjang masa penahanan al Khaththath. Menurutnya hal tersebut menjadi subjektifitas penyidik.

Baca: Al-Khaththath Cs Rencanakan Aksi Lebih Besar dari 313

Polisi juga tidak menghiraukan desakan untuk membebaskan al Khaththath. "Hukum kan enggak bisa diintervensi," tegas Argo.

Sejauh ini pihak kepolisian telah memeriksa delapan saksi terkait kasus makar jilid dua. Dan dua orang saksi yang terdiri dari ahli pidana dan ahli bahasa.

Sementara itu, terkait makar jilid satu, penyidik telah memeriksa Hutomo Mandala Putra alias Tommy Soeharto pekan lalu. Dia diperiksa sebagai saksi. Pemeriksaan terhadap Tommy tidak dilaksanakan di Polda Metro Jaya, melainkan di kediaman Tommy.

Berdasarkan pemeriksaan tersebut, polisi kemudian mengklaim tidak ada aliran dana makar dari Tommy Soeharto. "Enggak ada (aliran dana)," kata Argo singkat.

Ia bersikukuh kesimpulan atas nihilnya aliran dana dari Tommy untuk makar berdasarkan keterangan saksi. Dan tidak adanya bukti transaksi yang ditemukan. "Ada saksinya juga. Transaksi juga udah enggak ditemukan," kata Argo.


(YDH)