Kuota Khusus Seleksi Calon Taruna Akpol Sudah Melalui Pertimbangan

Lukman Diah Sari    •    Sabtu, 15 Jul 2017 04:20 WIB
kepolisian
Kuota Khusus Seleksi Calon Taruna Akpol Sudah Melalui Pertimbangan
Kapolda Sumatera Utara Irjen Paulus Waterpauw Foto: MI/Marcelinus Kelen

Metrotvnews.com, Jakarta: Kapolda Sumatera Utara Irjen Paulus Waterpauw mengaku, ada kuota khusus terhadap calon taruna akpol yang bakal mengikuti tes di taruna Akpol di Semarang. Paulus menyebutkan, adanya kuota khusus itu sudah menjadi kebijakan awal yang tak bisa dibantah.

"Kebijakan kapolda yang sebelumnya. Itu sudah melalui pertimbangan yang harus dilakukan dengan baik," kata Paulus saat dihubungi, Jumat 14 Juli 2017.

Paulus mengatakan, peserta yang lolos dari kuota khusus pun melalui serangkaian penilaian dan pertimbangan. Seperti, kata dia, ternyata orang tua peserta adalah seorang polisi yang cakap dan memiliki prestasi selama di kepolisian.

"Itu kan masuk pertimbangan. Dan hal seprti ini memang terkadang harus ada," ujarnya.

Dia menyebut, tak hanya di kepolisian saja yang memiliki kuota khusus. Tapi, sekelas universitas pun dikatakan memiliki kuota khusus sekian persen.

"Tapi itu mungkin pikiran saya saja. Jadi artinya itu memang sudah menjadi keputusan. Tidak bisa dipertimbangkan dari formal saja. Kadang ada dari informal yang harus dihormati," beber dia.

Sebelumnya, hal serupa juga dikatakan Kepala Bagian Penerangan Umum Divisi Humas Polri Kombes Martinus Sitompul yang mengakui memang ada penambahan kuota khusus sesuai dengan talent scouting karena memiliki kemampuan dan prestasi.

Baca juga: Polri Akui Adanya Kuota Khusus Seleksi Calon Taruna Akpol


 


(SCI)

KPK Kantongi Bukti Baru Kasus Novanto

KPK Kantongi Bukti Baru Kasus Novanto

19 minutes Ago

KPK menyatakan telah mengantongi bukti baru dari tersangka kasus korupsi KTP-el, Setya Novanto.

BERITA LAINNYA