Bareskrim-KPK Usut Kerugian Negara di Sejumlah Kementerian

Juven Martua Sitompul    •    Sabtu, 17 Jun 2017 22:46 WIB
kasus korupsi
Bareskrim-KPK Usut Kerugian Negara di Sejumlah Kementerian
Kepala Badan Reserse Kriminal (Kabareskrim) Polri, Ari Dono Sukmanto tiba di gedung Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) beberapa waktu lalu. Foto: MI/Atet Dwi Pramadia

Metrotvnews.com, Jakarta: Bareskrim Polri menggandeng Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) untuk mengusut temuan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) yang mengindikasikan adanya kerugian negara di sejumlah Kementerian. Pengusutan kerugian negara yang nilainya mencapai Rp33 triliun itu akan dikerjasamakan berdasarkan tingkat kesulitan kasus.

"Hanya untuk kasus-kasus tertentu yang ditangani di daerah, kami kerjasama investigasinya dengan KPK dari tingkat kesulitannya," kata Kabareskrim Polri Komjen Ari dono Sukmanto di komplek PTIK, Jakarta Selatan, Sabtu 17 Juni 2017.

Dijelaskan Ari, kerugian negara hingga Rp33 triliun itu terjadi dari periode 2016 hingga 2017. Kasus-kasusnya pun beragam dan sudah ditangani Polda termasuk Bareskrim Mabes Polri.

"Ada kasus yang ditangani seluruh Polda, termasuk Bareskrim," ujar dia.

Jenderal bintang tiga ini mengklaim 70 persen kasus yang terjadi pada periode 2016 sudah tuntas. Sedangkan 30 persennya masih dalam tahap penyelidikan dan penyidikan.

Untuk periode 2017, pihaknya telah menyelesaikan sebagian kasus. Sekitar 50 persennya masih dalam tahap penyelidikan.

Sebelumnya, Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) melaporkan temuan yang mengindikasikan kerugian negara hingga Rp33, 52 triliun dan USD841,88 juta. Rata-rata indikasi kerugian terdapat di institusi pemerintahan.

Dari Ikhtisar Hasil Pemeriksaan Semester (IHPS) semester II 2016 BPK, tercatat 5.810 temuan kelemahan sistem pengendalian intern (SPI) dan 6.201 permasalahan terhadap peraturan perundang-undangan senilai Rp19,48 triliun.


(SUR)

Selamatkan Partai, Novanto Diminta Tempuh Praperadilan

Selamatkan Partai, Novanto Diminta Tempuh Praperadilan

2 hours Ago

Status tersangka Novanto dinilai akan memengaruhi partai dalam kontestasi politik yang akan dat…

BERITA LAINNYA