Pemilik First Travel Ditangkap

Lukman Diah Sari, Damar Iradat    •    Kamis, 10 Aug 2017 08:50 WIB
ibadah umrah
Pemilik First Travel Ditangkap
Manajemen First Travel menjelaskan soal keterlambatan umrah. Foto: Metrotvnews.com/Ciputri

Metrotvnews.com, Jakarta: Badan Reserse Kriminal Polri Menangkap pemilik penyedia jasa umrah First Travel atas nama Andika Surachman dan Anniesa Desvitasari Hasibuan. Suami-istri itu ditangkap karena diduga menipu calon jemaah umrah.

"Pelaku menjanjikan dengan cara menawarkan biaya umrah," kata Kepala Bagian Penerangan Umum Divisi Humas Polri, Kombes Martinus Sitompul, saat dikonfirmasi Metrotvnews.com, Kamis 10 Agustus 2017.

Penangkapan direktur umum dan direktur First Travel itu dilakukan setelah Bareskrim memeriksa 11 saksi yang terdiri dari agen dan calon jemaah.

Kedua tersangka ditangkap di kompleks perkantoran Kementerian Agama RI pada Rabu 8 Agustus 2017 pukul 14.00 WIB. Keduanya dijerat Pasal 55 jo Pasal 378 dan Pasal 372 KUHP, serta UU Nomor 19 Tahun 2016 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik.

Baca: Problem di Balik Kasus First Travel

Anggota Tim Advokasi Penyelamatan Dana Umroh (TPDU), Luthfi Yazid, menyebutkan semalam dia melihat Andika dan Anniesa digelandang ke Bareskrim. Saat itu Luthfi tengah mendampingi para saksi.

"Saya lihat ada (Andika dan Anniesa) dan diperiksa kemarin. Sampai semalam masih diperiksa yang saya lihat," jelas dia.

Jemaah umrah melaporkan Andika Surachman dan Anniesa Hasibuan sebagai pemilik First Travel ke Bareskrim pada Jumat 4 Agustus 2017. Mereka mengaku kecewa karena First Travel tak kunjung memastikan tanggal keberangkatan ke Tanah Suci. Padahal, mereka telah melunasi pembayaran perjalanan ibadah umrah ke First Travel sejak 2015.




(UWA)

KPK Bakal Pelajari Pernyataan Miryam

KPK Bakal Pelajari Pernyataan Miryam

1 day Ago

Miryam S. Haryani yang menyebut ada pertemuan anggota Komisi III DPR dengan pejabat KPK setingk…

BERITA LAINNYA