Satgas Anti Politik Uang Awasi 4 Tahapan Pilkada

Lukman Diah Sari    •    Kamis, 11 Jan 2018 01:33 WIB
politik uang
Satgas Anti Politik Uang Awasi 4 Tahapan Pilkada
Kabagpenum Divisi Humas Polri Kombes Martinus Sitompul. ANT/Reno Esnir.

Jakarta: Polri memastikan, Satgas Anti Politik Uang akan dibentuk pekan ini. Dalam pelaksanaan tugas, Satgas akan memonitor empat tahapan Pilkada.

"Pertama pencalonan yang akan selesai pendaftarannya pada hari ini pukul 24.00. Dalam kaitannya pencalonan ini memonitoring Satgas," kata Kabagpenum Divisi Humas Polri Kombes Martinus Sitompul di Mabes Polri, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Selain itu, Satgas juga akan mengawasi tahap pemilihan. Kemudian, lanjut Martinus, Satgas bertugas mengawal penetapan calon dan saat pengajuan keberatan ke Mahkamah Konstitusi. 

"4 ini poin dari satgas untuk memonitor apakah ada praktik-praktik money politik, apakah kecurangan dengan istilahnya namanya itu, vote buying apakah ada mahar politik di sini ini monitoring satgas," bebernya. 

Untuk memudahkan pemantaun tersebut, Polri membentuk akses koordinasi terkait Pilkada. Aduan bisa disampaikan langsung dalam bentuk laporan telepon kepada Satgas Anti Politik Uang atau, bisa melalui aplikasi yang akan menjadi laporan warga. 

"Satgas dalam cara kerjanya tentu enggak terlepas dari UU pemilu terkait mahar politik ini disampaikan, ini menjadi ranah Bawaslu," jelasnya.

Martinus kembali mengingatkan, kepentingan dibentuknya satgas itu tidak lain untuk memonitor politik uang selama pelaksanaan Pilkada. "Tapi penegakanya Bawaslu karena ini adalah ranah UU pemilu. Itu untuk Satgas anti politik uang," tandasnya.


(JMS)

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

1 week Ago

Vonis untuk Irvanto Hendra Pambudi dianggap lebih berat ketimbang vonis pelaku-pelaku utama&nbs…

BERITA LAINNYA