Lima Terduga Teroris Ditangkap di Pekanbaru

Lukman Diah Sari, Anwar Sadat Guna    •    Selasa, 24 Oct 2017 15:34 WIB
terorisme
Lima Terduga Teroris Ditangkap di Pekanbaru
Ilustrasi Terorisme - MTVN.

Metrotvnews.com, Jakarta: Densus 88 Mabes Polri menangkap lima orang di Pekanbaru, Riau, Selasa 24 Oktober 2017. Kelimanya ditangkap di sejumlah tempat. 

Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri Brigjen Rikwanto mengungkapkan, terduga teroris pertama yang ditangkap yakni Yoyok Handoko alias Abu Zaid. Dia ditangkap pada pukul 06.00 WIB di Jalan Bukit Barisan, Pekanbaru. 

“Dia merupakan salah satu yang ikut dalam idad di Bukit Gema Kabupaten Kampar Riau,” beber Rikwanto. 

Yoyok diketahui pernah mengikuti latihan penembakan di Jambi. “Dia juga merencanakan aksi teror sasaran Kantor Kepolisian di Pekanbaru,” tambah dia. 

Selanjutnya, Densus kembali menangkap terduga teroris bernama Wawan alias Abu Afif di Jalan Kopkar Raya, Perumahan Pandau Permai. Dia ditangkap pada pukul 07.15 WIB. 

“Keterlibatan dia, Amir JAD Pekanbaru, memimpin baiat pada idad di Bukit Gema Kabupaten Kampar Riau, memotivasi jaringan untuk amaliyah di kantor polisi dan mengetahui adanya pelatihan membuat bom dan pelatihan menembak di Jambi,” beber dia.  

Selain Wawan, Densus juga menangkap Beni Samsu Trisno alias Abu Ibrohim di Jalan Kopkar Raya, Perumahan Gading Permai. Rikwanto menyebut dia merupakan satu peserta pelatihan di bukit Gema Kabupaten Kampar, Riau. 

"Mengikuti pelatihan menembak di Jambi, merencanakan aksi teror sasaran kantor polisi di Pekanbaru,” beber dia.

Selanjutnya, pukul 10.30 WIB, Densus menangkap terduga teroris keempat bernama Handoko alias Abu Buchori. Dia ditangkap di rumahnya di Jalan Kopkar Raya, Perumahan Gading Permai. 

“Merupakan salah satu yang ikut dalam idad di Bukit Gema, Kabupaten Kampar, Riau, mengikuti latihan menembak di Jambi, dan mengetahui rencana amaliyah di kantor polisi di Pekanbaru,” imbuh dia. 

Terakhir, pukul 12.30 WIB Densus menangkap Nanang Kurniawan alias Abu Aisha. Dia ditangkap di Jalan Kubang Raya KM.5, Desa Kualu, Kecamatan Tambang, Kabupatan Kampar, Riau.

“Barang bukti yang disita HP Android merk Advan dan sepeda motor,” tambah dia. 
 


(REN)