Indonesia dan Polri jadi Perbincangan di Argentina

Arga sumantri    •    Kamis, 08 Feb 2018 18:56 WIB
argentinaanak hilang
Indonesia dan Polri jadi Perbincangan di Argentina
Kapolri Jendral Tito Karnavian (tengah) bersama Dubes Argentina untuk Indonesia Ricardo Luis Bocalandro. Foto: Medcom.id/Arga Sumantri

Jakarta: Kemampuan polri mengungkap kasus penculikan Alum Langone Avalos, 7, dipuji pemerintah Argentina. Duta Besar Argentina untuk Indonesia Ricardo Luis Bocalandro menyambangi Kapolri Jenderal Tito Karnavian guna menyampaikan langsung ucapan terima kasih.

"Saya datang jauh-jauh menemui Tito Karnavian untuk mengucapkan rasa terima kasih dari masyarakat Argentina," kata Ricardo di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Kamis 8 Februari 2018.

Ia mengatakan, kasus ini sangat sensitif dan menjadi perbincangan secara nasional di Argentina. Bagi Argentina, kata dia, polisi Indonesia tergolong cepat mengungkap kasus yang sudah terjadi setahun terakhir. Pasalnya, sejak mendapat laporan interpol, dalam waktu empat hari, pelaku yang tak lain ayah kandung Alum, bisa ditemukan. Nama Indonesia pun ramai diperbincangkan. 

"Argentina sangat mengapresiasi polisi Indonesia, juga pertolongan media, dan respon masyarakat Indonesia. Kami Argentina benar-benar berterima kasih kepada kalian semua," ungkapnya. 

Tito mengatakan, kasus ini memang tergolong spesial. Sebab, kata Tito, kasus ini dianggap sebagai kejahatan serius di Argentina. Walaupun, pelaku yang membawa kabur Alum, yakni Jorge Gabriel Langone merupakan ayah kandung korban.

Baca: Alum Diserahkan ke Kedubes Argentina

"Kasus ini dianggap kejahatan serius untuk membawa anak di luar hak pengasuhannya. Ini isu sensitif di Argentina," kata Tito. 

Apalagi, kasus ini sudah berlangsung selama setahun. Tito mengatakan, Alum sempat dibawa ayahnya ke beberapa negara sebelum ke Indonesia. 

"Otoritas Argentina beberapa kali minta bantuan ke negara yang disinggahi. Tapi enggak mendapat respons yang cukup," ujarnya. 

Baca: Bocah Argentina yang Diculik Ditemukan di Toraja

Tito mengatakan, kasus Alum ini ramai dibicarakan di Argentina. Bukan cuma terkait Alum yang ditemukan, tapi juga tentang respons cepat kepolisian. 

"Di medsos dan media mainstream di Argentina banyak bicarakan Indonesia dalam posisi yang bagus, yakni kecepatan pemerintah indonesia untuk membantu," ujar Tito. 


 


(DMR)