Zumi Gelar Karpet Merah Kontraktor Anggota Timses

Damar Iradat    •    Senin, 08 Oct 2018 14:53 WIB
ott anggota dprd jambi
Zumi Gelar Karpet Merah Kontraktor Anggota Timses
Terdakwa kasus suap dan gratifikasi terkait proyek-proyek di Dinas PUPR Provinsi Jambi, Zumi Zola (tengah) bergegas seusai menjalani sidang di Pengadilan Tipikor, Jakarta. Foto: MI/Bary Fathahilah.

Jakarta: Endria Putra, kontraktor asal Jambi, mengaku menjadi salah satu anggota tim sukses (timses) Zumi Zola pada Pilgub Jambi 2015. Dia menyebut para kontraktor mengharapkan untung. 

Menurut dia, kontraktor mendapatkan timbal balik dari terpilihnya Zumi sebagai orang nomor satu di Jambi. Hampir semua kontraktor di kubu Zumi, kata dia, mendapatkan proyek.

"Rata-rata semua dapat proyek. Tim atau tidak, itu sudah bercampur aduk," kata Endria saat bersaksi untuk Zumi Zola di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi Jakarta, Kemayoran, Jakarta Pusat, Senin, 8 Oktober 2018.

Endria menjelaskan meski banyak yang menjadi bagian dalam tim sukses, para kontraktor juga bermain di dua kaki. Hal itu, kata dia, dilakukan untuk mendekati pejabat di pemerintahan.

"Lumayan banyak kontraktor yang jadi tim sukses, hampir semua," jelas Endria.

Baca: Zumi Marah Anak Buah tak Kumpulkan Banyak Fee

Sejumlah asosiasi pengusaha, lanjut dia, juga ikut menjadi timses dan memberikan dukungan kepada Zumi. Sebagian lagi, kata dia, juga bergabung dalam tim pemenangan.

Dalam perkara ini, Zumi Zola didakwa menyuap Rp16,490 miliar ke DPRD Jambi. Uang itu diduga untuk memuluskan pembahasan Rancangan Perda APBD Jambi tahun 2017-2018.

Tidak hanya itu, Zumi juga didakwa menerima sejumlah gratifikasi dengan nilai total Rp44 miliar dan mobil Toyota Alphard. Gratifikasi itu juga diduga mengalir ke keluarga Zumi.




(OGI)

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

1 week Ago

Vonis untuk Irvanto Hendra Pambudi dianggap lebih berat ketimbang vonis pelaku-pelaku utama&nbs…

BERITA LAINNYA