Tim Jessica Siapkan Dua Duplik

Arga sumantri    •    Selasa, 18 Oct 2016 05:00 WIB
kematian mirna
Tim Jessica Siapkan Dua Duplik
Jessica Kumala Wongso (kiri) dan pengacaranya Otto Hasibuan (kanan). Foto: AFP/Adek Berry.

Metrotvnews.com, Jakarta: Tim penasihat hukum terdakwa Jessica Kumala Wongso siap menjawab replik jaksa. Seluruh tanggapan kubu Jessica bakal dituangkan dalam berkas duplik.

Salah seorang pengacara Jessica, Otto Hasibuan, menyatakan, pihaknya bakal menyiapkan dua berkas duplik. "Akan ada duplik dari Jessica sendiri. Kita penasihat hukum juga buat duplik," kata Otto usai persidangan di Pengadilan negeri Jakarta Pusat, Senin (17/10/2016).

Ada beberapa hal yang bakal jadi sasaran Otto dan tim dalam berkas dupliknya. Sebab, Otto mengaku ada hal yang seolah dihindari jaksa dalam pemaparan repliknya, yaitu, kesimpulan patologi tentang sebab kematian Wayan Mirna.

Otto melihat tidak ada satu pun penjelasan jaksa dalam replik yang menerangkan soal hasil Laboratorium Kriminal (Labkrim) terhadap sampel cairan lambung Mirna. Dalam berkas perkara, cairan lambung Mirna disebut BB IV, dan dinyatakan negatif sianida.

"Padahal itu diperiksa 70 menit setelah Mirna meninggal," ujar Otto.

Sederet tanggapan jaksa soal sebab kematian Mirna, buat Otto dan tim, tak lebih dari sebuah teori. Kubu Jessica tetap menganggap jaksa minim bukti untuk menjerat Jessica dalam perkara kematian Mirna.

Otto tetap mendasarkan argumentasinya terhadap hasil Labkrim yang menyimpulkan cairan lambung mirna tidak ada sianida. Otto bilang, "Mau ada di gelas satu ton, atau dua ton terserah. Tapi ahli mengatakan, bukan yang diluar tubuh, tapi yang penting (sianida) di dalam tubuh."

Baca: Isi Lengkap Nota Pembelaan Jessica

Otto juga sedikit membocorkan isi duplik yang akan dibacakan Jessica. Sebagian isi duplik Jessica, kata Otto, bakal menanggapi uraian jaksa soal kondisi penjara Jessica di Polda Metro Jaya.

"Semuanya (dibahas Jessica dalam duplik), termasuk gambar-gambar (yang ditunjukkan jaksa) itu," ujar Otto.

Sidang duplik (tanggapan terhadap replik) dijadwalkan berlangsung, pada Kamis 20 Oktober. Sidang duplik, jadi kesempatan terakhir kubu Jessica, membela diri.

Baca: Pengacara Sebut Jaksa Simpulkan Jessica Bersalah Hanya Pakai Teori

Selesai sidang duplik, hakim akan menentukan jadwal persidangan dengan agenda putusan terhadap Jessica. Nasib Jessica segera ditentukan oleh palu Hakim Ketua, Kisworo. Namun, hingga saat ini, hakim belum menentukan tanggal pasti, waktu sidang vonis Jessica.

Wayan Mirna meregang nyawa usai menyeruput es kopi Vietnam di Kafe Olivier, Rabu 6 Januari. Kopi itu dipesan oleh Jessica.

Jessica pun jadi terdakwa tunggal kasus kematian Mirna. Jaksa telah menuntut rekan Mirna di Billyblue College itu hukuman 20 tahun penjara.

Dalam nota pembelannya, Jessica sudah membantah semua tuduhan jaksa. Tim Kuasa hukum Jessica juga meminta majelis hakim membebaskan Jessica dari seluruh dakwaan.

 


(AZF)