Kejagung Selamatkan Rp977 Miliar Uang Negara dari Kasus Korupsi

Arga sumantri    •    Jumat, 08 Dec 2017 11:35 WIB
korupsi
Kejagung Selamatkan Rp977 Miliar Uang Negara dari Kasus Korupsi
Gedung Kejaksaan Agung (Foto: MI/ Irfan)

Jakarta: Kejaksaan Agung menyebut telah menangani sekitar 1.700 kasus korupsi selama tahun ini. Jumlah itu merupakan gabungan penanganan kasus dari kepolisian dan kejaksaan agung sendiri.

"Perkara yang sudah tahap penuntutan jadi sebanyak 1.754 perkara," kata Jaksa Agung Muda Tindak Pidana Khusus Adi Toegarisman di Kantor Kejagung, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Jumat, 8 Desember 2017.

Adi merinci, dari jumlah itu, kasus yang ditangani murni oleh Kejaksaan sebanyak 966 perkara hasil penyidikan yang masuk tahap penuntutan. Sedangkan, ada 788 perkara hasil penyidikan kepolisian. "Kita selamatkan uang negara Rp 977 miliar," ucap Adi.

Adi menjelaskan, dari jumlah yang ada, sebanyak 1552 perkara di antaranya, tuntas di pengadilan dan memiliki kekuatan hukum tetap alias inkracht. Dari jumlah itu, eksekusi uang pengganti yang telah disetor ke kas negara sebanyak Rp203 miliar.

"Kemudian ada pendapatan negara bukan pajak PNPB dari penanganan Pidsus itu sebesar Rp293 miliar," ujarnya.




Adi mengatakan, dalam rangka memberantas korupsi, pihaknya tidak hanya berorientasi atau menggunakan metode penindakan, tapi juga pencegahan. Misalnya, kata dia, adanya Tim Pengawalan, Pengamanan Pemerintahan dan Pembangunan Pusat (TP4P).

"Jadi semangat itu membuktikan bahwa Kejaksaan akan berupaya dan selalu konsisten bagaimana memberantas tindak pidana korupsi," ujarnya.


(YDH)

Kuasa Hukum Novanto Sebut Dakwaan KPK Bermasalah

Kuasa Hukum Novanto Sebut Dakwaan KPK Bermasalah

1 day Ago

Pengacara terdakwa kasus korupsi KTP-el Setya Novanto, Maqdir Ismail menuding dakwaan milik KPK…

BERITA LAINNYA