Masa Jabatan Hakim Habis, Ketua MK Lapor ke Presiden

Achmad Zulfikar Fazli    •    Selasa, 13 Mar 2018 13:10 WIB
hakim mk
Masa Jabatan Hakim Habis, Ketua MK Lapor ke Presiden
Ilustrasi: MK. Foto: MI/Atet Dwi Pramadia.

Jakarta: Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Arief Hidayat menemui Presiden Joko Widodo. Dia menyampaikan surat terkait habisnya masa jabatan hakim MK Maria Farida Indrati.

"Sesuai UU, enam bulan sebelum habis masa jabatan hakim MK itu, MK secara kelembagaan harus menyampaikan surat kepada lembaga pengusul hakim MK," kata Arief di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa, 13 Maret 2018.

Masa jabatan Maria berakhir Agustus 2018. Surat ini disampaikan karena Maria adalah hakim usulan dari Presiden.

Arief berharap Presiden bisa segera menunjuk pengganti Maria. Apalagi, pelaksanaan pilkada serentak berlangsung pada Juni 2018. MK bukan tak mungkin bakal disibukkan dengan perselisihan hasil Pilkada 2018.

Baca: Ketua MK Dilaporkan ke Dewan Etik

"Kita harapkan bisa terisi dengan batas waktu yang pas tepat sehingga kita tidak ada kekosongan hakim sehingga tetap genap hakim MK itu sembilan orang," ujar dia.

Selain surat masa jabatan hakim, Arief juga melaporkan persiapan penanganan perselisihan seluruh hasil pilkada di 171 daerah. Menurut dia, pilkada itu mencerminkan 80 persen suara pemilih di Indonesia. 

Keberhasilan Pilkada 2018 dianggap mencerminkan hasil Pileg dan Pilpres 2019. "Ada hal-hal yang harus kita perhatikan bersama supaya tidak terjadi hal-hal yang tidak kita inginkan bersama sebagai bangsa Indonesia."





(OGI)

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

5 days Ago

Vonis untuk Irvanto Hendra Pambudi dianggap lebih berat ketimbang vonis pelaku-pelaku utama&nbs…

BERITA LAINNYA