KPK Gali Keterlibatan Novanto Melalui Teguh Juwarno

Damar Iradat    •    Senin, 14 Aug 2017 10:18 WIB
korupsi e-ktp
KPK Gali Keterlibatan Novanto Melalui Teguh Juwarno
Mantan Wakil Ketua Komisi II Teguh Juwarno/MI/Rommy Pujianto

Metrotvnews.com, Jakarta: Anggota DPR Teguh Juwarno kembali dipanggil Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Teguh bakal diperiksa terkait keterlibatan Ketua DPR Setya Novanto dalam kasus dugaan korupsi proyek kartu tanda penduduk elektronik (KTP-el).

"Yang bersangkutan akan diperiksa sebagai saksi untuk tersangka SN (Setya Novanto)," kata juru bicara KPK Febri Diansyah saat dikonfirmasi, Senin 14 Agustus 2017.

Politikus PAN itu juga sempat beberapa kali diperiksa KPK sebagai saksi untuk tersangka Andi Agustinus alias Andi Narogong.

Selain mantan Wakil Ketua Komisi II itu, KPK juga memanggil beberapa saksi untuk mengusut keterlibatan Novanto dalam proyek senilai Rp5,9 triliun itu. Antara lain, Direktur Fasilitas Dana Perimbangan dan Pinjaman Daerah pada Direktorat Jendral Bina Keuangan Daerah Kementerian Dalam Negeri Elvius Dalami; seorang karyawan PT Sucofindo Yan Yan Rudiyantini; dan dosen Institut Teknologi Bandung (ITB) Munawar Ahmad.

KPK resmi menetapkan Novanto sebagai tersangka keempat dalam kasus yang merugikan negara hingga Rp2,3 triliun itu. Novanto diduga melanggar Pasal 3 atau Pasal 2 ayat 1 Undang-undang Nomor 31 Tahun 1999 sebagaimana diubah UU Nomor 20 Tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi jo Pasal 55 ayat 1 ke-1 KUHP.

KPK juga telah menetapkan dua tersangka dari pihak eksekutif, yakni dua pejabat Kementerian Dalam Negeri, Irman dan Sugiharto. Baik Irman dan Sugiharto kini tinggal menanti vonis hakim.

Lembaga Antisrywah juga menetapkan Andi Agustinus alias Andi Narogong sebagai tersangka. Andi diduga berperan banyak dalam kasus tersebut, termasuk mengatur proses tender, hingga ke lobi-lobi anggota dewan.


(OJE)

Adik Gamawan Fauzi 'Digarap' KPK

Adik Gamawan Fauzi 'Digarap' KPK

3 hours Ago

Azmin akan menjadi saksi untuk tersangka Direktur Utama PT Quadra Solution Anang Sugiana Sudiha…

BERITA LAINNYA