Pastikan Kesehatan Novanto, KPK Tetap Kirim Dokter

Juven Martua Sitompul    •    Kamis, 14 Sep 2017 23:55 WIB
setya novantoe-ktp
Pastikan Kesehatan Novanto, KPK Tetap Kirim Dokter
Koalisi Masyarakat Sipil Antikorupsi mendesak KPK untuk menahan Setya Novanto yang diduga terlibat dalam kasus megaproyek KTP-el. (Foto: Antara/Wahyu Putro A).

Metrotvnews.com, Jakarta: Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) akan segera mengirim dokter untuk memastikan kesehatan Ketua DPR RI Setya Novanto. Dokter dari KPK akan berkoordinasi dengan pihak Rumah Sakit Siloam MRCCC Semanggi, Jakarta, tempat Novanto dirawat.

"Tapi nanti yang kedua mungkin dokter (KPK) yang akan berkoordinasi dengan (pihak rumah sakit). Nanti hasilnya kita tunggu saja dari dokter kita," kata Wakil Ketua KPK Basaria Panjaitan di gedung KPK, Jakarta, Kamis 14 September 2017.

(Baca juga: Novanto Minta KPK Menunda Pemeriksaan Dirinya)

Basaria menuturkan, meski ada rencana mengirimkan dokter ke RS Siloam, pihak KPK akan tetap menghormati surat permohonan dari Novanto untuk menjadwal ulang pemeriksaan.

"Kita menghormati karena surat sakit itu ada, kita harus percaya dengan itu dulu," ujarnya.

Kendati begitu, Basaria menegaskan KPK tidak akan menghentikan proses penyidikan kasus dugaan korupsi proyek pengadaan KTP-el yang menjerat Ketua Umum Partai Golkar tersebut. Sekalipun, pihak DPR mengirimkan surat agar proses hukum terhadap Novanto ditunda sampai gugatan praperadilannya rampung.

(Baca juga: Abaikan Praperadilan, KPK Tetap Panggil Ulang Novanto)

"Proses tetap jalan, seperti biasa. Ada langkah-langkahnya. Pemanggilan pertama dan pemangggilan kedua sudah kita lakukan," pungkasnya.




(HUS)