First Travel Belum Memberangkatkan 30 Ribuan Jemaah Umrah

Arga sumantri    •    Kamis, 10 Aug 2017 16:17 WIB
penipuanibadah umrah
First Travel Belum Memberangkatkan 30 Ribuan Jemaah Umrah
First Travel/ANT/Sigid Kurniawan

Metrotvnews.com, Jakarta: Polisi mencatat biro perjalanan umrah First Travel memiliki sekitar 70 ribu calon jemaah. Baru sekitar 35 ribu calon jemaah yang diberangkatkan ke Tanah Suci.

"Sekitar 30 ribu sekian, di antaranya belum diberangkatkan (umrah)," kata Kabag Penum Divisi Humas Polri Kombes Martinus Sitompul di Kompleks Mabes Polri, Jakarta Selatan, Kamis 10 Agustus 2017.

Martinus mengatakan, persoalan inti kasus tersebut ialah tak kunjung diberangkatkanya calon jemaah. Banyak calon jemaah tak diangkut ke Tanah Suci meski sudah menunggu beberapa kali jadwal pemberangkatan.

Hal itu, kata Martinus, membuat calon jemaah resah. Bukan cuma itu, agen penyalur calon jemaah juga terkena imbas dari masalah pemberangkatan yang ada di First Travel.

"Jadi pelaporan ini inisiatif agen, dia menyampaikan dia melaporkan itu karena dia dikejar-kejar (calon jemaah yang belum berangkat)," ungkap Martinus.

Pemilik First Travel, Andika Surachman dan Anniesa Hasibuan dilaporkan ke Bareskrim pada Jumat 4 Agustus 2017 atas kasus dugaan penipuan calon jemaah. Pelaporan dilakukan oleh salah satu agen, yang mewakili 13 agen penyalur calon jemaah umrah First Travel.

Keduanya ditangkap penyidik Bareskrim di Kompleks Perkantoran Kementerian Agama RI, Rabu 9 Agustus 2017, pukul 14.00 WIB. Penangkapan direktur umum dan direktur First Travel itu dilakukan setelah Bareskrim memeriksa 11 saksi yang terdiri dari agen dan calon jemaah.

Keduanya dijerat Pasal 55 jo Pasal 378 dan Pasal 372 KUHP, serta Undang-undang Nomor 19 Tahun 2016 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik.


(OJE)

Kuasa Hukum Novanto Sebut Dakwaan KPK Bermasalah

Kuasa Hukum Novanto Sebut Dakwaan KPK Bermasalah

23 hours Ago

Pengacara terdakwa kasus korupsi KTP-el Setya Novanto, Maqdir Ismail menuding dakwaan milik KPK…

BERITA LAINNYA